25 radar bogor

Seperti Apa Elektabilitas Peserta Pemilu 2024? LS Vinus Kembali Gelar Survei

Survei elektabilitas peserta Pemilu 2024
Survei elektabilitas peserta Pemilu 2024

BOGOR-RADAR BOGOR, Dalam waktu tiga bulan terakhir Agustus-Oktober, begitu banyak dinamika politik yang berkembang. Di antaranya, hengkangnya Cak Imin dari Prabowo dan secepat kilat mendeklarasikan Anies-Cam Imin (Amin) yang mengagetkan banyak pihak.

Baca Juga : Pengamat Ingatkan MK Harus Terbebas Politik Di Pemilu 2024

Kekecewaan Partai Demokrat terhadap Anies dan Partai nasdem, kemudian membawanya bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Begabungnya anak bungsu Presiden Jokowi ke PSI dan langsung didaulat menjadi ketua umum, pertemuan langka tokoh politik seperti SBY menemui Presiden Jokowi.

Termasuk meroketnya nama Gibran sebagai calon wakil presidennya Prabowo. Begitipun pada ranah hukum yang berkaitan erat dengan politik, seperti kasus Menteri Pertanian yang sudah dijadikan tersangka oleh KPK.

Dalam perspektif sosialisasi kontenstan Pemilu 2024 baik secara kelembagaan partai politik maupun perseorangan, seperti calon anggota legislatif terlihat semakin ramai walaupun belum ditetapkan DCT oleh KPU.

Tentu saja berbagai kejadi di atas akan sangat berpengaruh terhadap tingkat elektabilitas masing-masing peserta pemilu maupun calon peserta pemilu. Sehingga hasil sangat menarik dan strategis data yang akan dihasil pada survei LS Vinus kali ini.

Survei tersebut akan dilakukan pada 10-20 Oktober 2023 dan diharapkan bisa rilis pada 22 Oktober 2023. Dalam survei kali ini ada beberapa penambahan, baik dalam konteks isu maupun dalam konteks kewilayahan.

Dalam konteks isu, ditambahkan tiga kontent, yaitu tingkat kepuasan masyarakat kabupaten dan Kota Bogor terhadap kinerja DPRD Kabupaten dan Kota Bogor, tingkat kepuasan masyarakat Kabupaten/Kota Bogor terhadap Kinerja Pemerintah Kabupaten dan Kota Bogor dan Perilaku Pemilih baik di Kabupaten maupun Kota Bogor.

Dalam konteks penambahan wilayah, kalau survei sebelumnya hanya memotret Kabupaten Bogor, survei kali ini akan juga memotret Kota Bogor. Adapun jumlah responden di Kabupaten Bogor sebanyak 2.400 orang dan di Kota Bogor 800 responden. Metode pengambilan datanya adalah bertemu langsung dengan responden yang berbasis di desa dan kelurahan.

Baca Juga : Jelang Pemilu 2024, Muspida Kabupaten Bogor Uji Kuat Pengamanan

Dalam survei kali ini LS Vinus menerjunkan 50 orang, 46 orang surveyor dan 4 orang pengelola data hasil survei. Setiap surveyor mengambil data di desa dan kelurahan dalam satu kecamatan. Tentu saja jumlah responden disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 masing-masing Desa dan Kelurahan yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). (*)

Editor : Yosep