25 radar bogor

Kawanan Monyet Liar Serang Pemukiman Warga di Cijeruk

Monyet
Kawanan monyet Gunung Salak turun ke pemukiman warga di Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

CIJERUK-RADAR BOGOR, Diduga habitatnya rusak, kawanan monyet Gunung Salak turun ke pemukiman warga di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Kelompok Pemuda Bersenjata Serang Warga di Cijeruk, 4 Pelaku Ditangkap

Markum, warga setempat mengatakan, ada belasan ekor monyet yang memasuki pemukiman warga. Ukurannya cukup besar. “Ada 12 ekor, yang ukurannya besar itu ada dua,” katanya kepada Radar Bogor Selasa (10/10/2023).

Markum memaparkan, kawanan monyet tersebut masuk ke rumah warga dan kerap menggedor-gedor kaca rumah. Selain itu, monyet liar itu juga cukup agresif dan sulit diusir warga. “Jadi kawanan monyet ini tidak ada takutnya saat diusir warga,” tuturnya.

Kawanan monyet ini, lanjut Markum, datang di pagi hari dan sore hari. Mereka datang mencari makan buah yang ada di sekitar pemukiman warga.

“Jadi di sini banyak pohon buah buahan, nah kawanan monyet ini datang makan buah buahan. Tapi sering juga masuk ke rumah rumah warga,” tuturnya.

Ia mengaku khawatir kawanan monyet ini mencelakai anak-anak di kampung tersebut. Mengingat banyak anak anak yang kerap membawa makanan dan menjadi sasaran monyet yang diduga kelaparan tersebut.

Sementara itu Kapolsek Cijeruk, Kompol Hida Tjahjono mengatakan, kawanan monyet tersebut menyerang pemukiman warga diduga karena habitatnya rusak.

“Kalau habitatnya dirusak bisa jadi kawanan monyet ini cari makan di lingkungan warga,” katanya kepada Radar Selasa (10/10/2023)

Sementara itu, perihal adanya korban kawanan monyet yang masuk ke pemukiman warga, Hilda mengaku hingga saat ini belum ada laporan ke Polsek Cijeruk.

Baca Juga ; Bendungan Cibeet dan Cijuray Siap Dibangun, Atasi Banjir Citarum Hilir

“Belum ada laporan. Kami masih tunggu reaksi instansi terkait dulu, karena tindakan kami juga tidak boleh sembarangan,” paparnya.

“Juga membasmi kawanan monyet dengan kekerasan juga salah, karena ada ancaman pidananya, menyiksa kucing saja bisa dipidanakan, apalagi monyet yang lebih dilindungi habitatnya,” tutupnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep