25 radar bogor

Dukung Industri Lokal, Epson Tingkatkan Jumlah Produk yang Bersertifikat TKDN

Epson

JAKARTA – RADAR BOGOR, Memasuki kuartal ketiga tahun 2023 di Indonesia, Epson telah memperkenalkan berbagai produk baru yang secara resmi telah tersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Beragam produk ini meliputi scanner, printer dan tinta.

Baca Juga : Pertunjukan Laser di Wahana Keong Emas ‘The Glorious Komodo Island’, Cara TMII dan Epson Tarik Pengunjung

Pemerintah Indonesia telah menginisiasi TKDN yang ditegaskan oleh Bapak Jokowi, Presiden Republik Indonesia melalui peraturan terbarunya No. 12 tahun 2021 bahwa TKDN menjadi upaya standarisasi yang bertujuan untuk memperkuat struktur industri dalam negeri.

Dengan demikian, ketergantungan terhadap produk impor dapat terus berkurang secara bertahap. Kemenperin RI menetapkan nilai TKDN rata-rata mencapai sebesar 46,3% pada tahun 2020 dan diharapkan dapat meningkat menjadi 50% pada tahun 2024.

Sebagai merek global yang beroperasi di Indonesia, Epson Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan produk berkualitas dengan kandungan lokal yang tinggi yang memenuhi persyaratan standar TKDN. Hal ini juga sejalan dengan tujuan kami untuk berkontribusi kepada negara tempat kami beroperasi, melalui dukungan terhadap industri lokal dengan inovasi teknologi kami, dan dalam prosesnya, memberdayakan masyarakat dan komunitas lokal.

Untuk memenuhi standar nilai TKDN, Epson Indonesia telah menciptakan produk dengan persentase komponen dalam negeri yang tinggi, termasuk bahan material yang berasal dari Indonesia, tenaga kerja yang terdiri dari warga negara Indonesia, dan bahan yang dimiliki dan berasal dari Indonesia.

Selain produk, ada faktor lain untuk memenuhi persyaratan sertifikasi seperti bobot manfaat perusahaan (BMP) yang mencakup faktor atau kegiatan yang dilakukan oleh Epson sehubungan dengan kontribusi kepada masyarakat Indonesia.

Dalam hal ini Epson terbukti telah memenuhi semua persyaratannya dengan melakukan beberapa kegiatan CSR seperti pelepasan penyu dan tukik di Banyuwangi oleh Epson Indonesia, penghijauan hutan di Kalimantan oleh Indonesia Epson Industry dan Transplantasi Terumbu Karang oleh Epson Batam yang membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, serta berkontribusi pada Usaha Kecil & Menengah & Jaringan Purna Jual.

Komitmen Epson Indonesia untuk memaksimalkan kandungan lokal dalam produksinya telah menghasilkan lebih dari 20 produk bersertifikasi TKDN dari printer, scanner hingga tangki tinta Epson.

Pencapaian sertifikasi ini merupakan hasil dari kehadiran Epson di Indonesia selama lebih dari dua dekade, termasuk pendirian dua pabrik: PT Indonesia Epson Industry di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang memiliki lebih dari 10.000 karyawan dan PT Epson Batam di Kota Batam, Kepulauan Riau yang juga memiliki lebih dari 4.000 karyawan. Masing-masing pabrik ini telah berkontribusi dalam memproduksi produk-produk Epson yang bersertifikasi TKDN, sehingga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Lebih dari 20 produk Epson yang bersertifikasi TKDN telah lulus verifikasi oleh PT Surveyor Indonesia di bawah mandat Kementerian Perindustrian. Beberapa produk Epson yang telah memiliki sertifikat TKDN antara lain scanner DS-1630 dan printer M15180. Kedua produk tersebut diproduksi oleh pabrik di Indonesia dan didistribusikan ke seluruh Indonesia dan dunia.

Scanner DS-1630 berukuran 45 cm x 31,8 cm dengan ketebalan 12,1 cm, sehingga ringkas dan hemat tempat apabila diletakkan di meja kerja. Meskipun ukurannya kecil, scanner warna ini dapat memindai dengan cepat dan memiliki kapasitas kertas hingga 50 lembar. Scanner ini juga dilengkapi dengan adaptor AC built-in untuk meminimalkan ketidakrapian kabel.

Dalam hal ketajaman gambar atau teks yang dipindai, scanner DS-1630 dikenal dengan keunggulannya. Scanner ini dapat meningkatkan kejernihan teks pada dokumen yang dipindai, baik berwarna, skala abu-abu, maupun hitam putih. Pemindai ini juga dapat menghapus latar belakang untuk membuat dokumen lebih mudah dibaca, fitur yang sangat penting ketika memindai dokumen dua sisi.

Produk bersertifikasi TKDN lainnya adalah printer EcoTank M15180 yang masuk dalam kategori printer multifungsi. Printer ini memenuhi kebutuhan pencetakan monokrom dan berfungsi sebagai pemindai, mesin fotokopi, atau mesin faks. Printer ini cocok untuk keperluan bisnis, menghasilkan cetakan yang tajam, bersih, dan tahan air berkat tinta pigmen berkualitas tinggi.

Printer EcoTank M15180 beroperasi dengan Teknologi Bebas Panas yang tidak menggunakan panas selama proses pencetakan, sehingga menghemat penggunaan listrik. Model ini juga memungkinkan kecepatan pencetakan hingga 25 gambar per menit (ipm). Dengan kecepatan ini, printer EcoTank M15180 dapat meningkatkan produktivitas pencetakan.

Sebagai produk bersertifikasi TKDN, scanner DS-1630 dan printer M15180 telah diproduksi dengan komponen yang sebagian besar berasal dari dalam negeri, diproduksi oleh tenaga kerja bangsa dengan menggunakan peralatan yang dibuat atau dimiliki di Indonesia.

Dengan demikian, komitmen Epson untuk mencapai nilai TKDN yang optimal telah menghasilkan produk-produk luar biasa yang memberdayakan sumber daya dan tenaga kerja lokal. Selain itu, Epson Indonesia telah memberikan kesempatan kepada para pelanggannya untuk berkontribusi langsung terhadap perkembangan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di tanah air.

Baca Juga : Perkenalkan Printer Flatbed UV Pertama, Epson Perluas Aplikasi Signage yang Lebih Luas

Langkah Epson untuk memberikan nilai positif bagi perusahaan dan pelanggan, serta upaya konsisten untuk memenuhi standar nilai TKDN, sejalan dengan kampanye regional Epson “Engineered for Good” di Asia Tenggara. Epson terus berupaya untuk memanfaatkan teknologi yang ringkas, efisien, dan tepat guna untuk memberdayakan Masyarakat dan menciptakan dunia yang lebih baik.

Mari bergabung dalam Gerakan ini, bersama-sama kita dukung penggunaan produk bersertifikasi TKDN, memastikan bahwa produk-produk ini memberikan dampak positif bagi Indonesia secara keseluruhan, serta masyarakat Indonesia secara khusus. Bersama Epson, kita membangun masa depan yang lebih kuat dan berkelanjutan untuk negeri ini. (*)

Editor : Yosep