25 radar bogor

Diklaim Bisa Atasi Macet, Begini Celukan Angkot di Alun-Alun Kota Bogor

Alun-Alun Kota Bogor
Penampakan celukan angkot di Alun-Alun Kota Bogor. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Laybay atau celukan angkot di Jalan Kapten Muslihat yang dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sebagai solusi penanganan kemacetan yang kerap terjadi di wilayah tersebut mulai terlihat.

Baca Juga : Imbas Pembangunan Sky Bridge, Jalan Kapten Muslihat Ditutup Malam Hari

Celukan angkot tersebut berada di sebelah kiri badan jalan tepatnya di ujung Jalan Nyi Raja Permas. Terdapat dua celah yang digunakan angkot untuk masuk dan keluar. Celukan dan badan Jalan Kapten Muslihat tampak dibatasi dengan beton castin.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Marse Hendra Saputra menjelaskan, celukan itu berfungsi sebagai tempat pemberhentian angkot yang akan menaikkan dan menurunkan penumpang pengunjung Alun-alun maupun Stasiun Bogor.

Tempat ini juga akan terintegrasi dengan jembatan layang (sky bridge) Stasiun Bogor-Stasiun Paledang yang akan mulai beroperasi pada Januari 2024 mendatang.

“Celukan ini bertujuan agar angkot masuk ke tempat ini saat berhenti dan berangkat sehingga tidak ngetem di pinggir jalan. Kami masih mengkaji penggunaan timer dengan durasi maksimal 10 detik,” ujarnya pada Sabtu (7/10/2023).

Sementara itu, celukan angkot yang sebelumnya berada tepat di depan Alun-alun Kota Bogor akan ditutup lantaran kerap digunakan sebagai tempat parkir hingga lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang juga acap berimbas pada kemacetan.

Kawasan itu kini telah dibatasi dengan beton castin. Marse mengungkapkan titik tersebut akan diganti dengan taman. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya penumpang yang naik dan turun di luar celukan yang telah dibangun.

Baca Juga : Atasi Macet Jalan Kapten Muslihat, Dishub Bakal Pasang Timer di Celukan Angkot

“Dipakaikan castin supaya tidak dipakai angkot untuk mengetem sehingga tidak macet. Kalau di depan pedestriannya nanti dibuat taman,” terangnya.

Untuk memaksimalkan fungsi celukan angkot itu, Marse mengatakan akan mengerahkan petugas agar para sopir angkot patuh pada durasi timer yang akan dipasang. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep