25 radar bogor

Update Statistik Pelamar CPNS 2023, Ini Formasi Sepi Peminat yang Berpeluang Lolos

Ilustrasi PNS
Ilustrasi CPNS Lulusan S1

JAKARTA-RADAR BOGOR, Badan Kepegawaian Negara (BKN), melalui akun resmi media sosialnya @bkngoidofficial, membagikan statistik pelamar CPNS pada Jumat (6/10/2023).

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2023 Ditutup 9 Oktober,15 Intansi Ini Sepi Peminat

Statistik yang ditampilkan meliputi data pelamar formasi CPNS, PPPK Guru, PPPK Tenaga Kesehatan (Nakes), dan PPPK Tenaga teknis lengkap dengan jumlah pelamar, submit, status pelamar yang memenuhi syarat (MS) dan yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Postingan statistik tersebut sesuai dengan data yang masuk dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) per tanggal (6/10) pukul 12.00 WIB.

Dibanding update statistik sebelumnya yang diunggah pada (3/10/2023), jumlah pelamar CPNS masih berada di posisi terbanyak dengan kenaikan jumlah dari 715 ribu menjadi 960 ribu.

Namun, jumlah pendaftar yang tadinya lebih banyak dalam status TMS, kini akhirnya menjadi lebih banyak yang berstatus MS.

Status TMS bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya ijazah yang tidak sesuai dengan formasi yang dipilih, dokumen belum lengkap, dan dokumen yang belum sesuai format persyaratan administrasi.

Melalui postingan tersebut, dapat dilihat instansi mana yang tinggi peminat dan jarang peminat. Baik itu dari formasi CPNS, PPPK Guru, PPPK Nakes, dan PPPK Teknis.

Transparansi data ini dapat kita manfaatkan untuk bisa menyasar dan menentukan formasi yang akan kita pilih dengan bijak.

Karena formasi yang sepi peminat berarti semakin sedikit kompetitor yang harus kita hadapi. Sehingga memiliki peluang lebih besar untuk bisa lolos.

Diantaranya ada instansi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang membuka formasi CPNS. Pendaftar yang submit pada instansi ini hanya berjumlah lima orang.

Diatasnya ada Badan Riset dan Inovasi Nasional yang memiliki 112 pendaftar. Padahal instansi ini membuka 500 formasi untuk CPNS.

Lalu untuk formasi PPPK Guru, Pemerintah Kab. Tapanuli Utara masih memiliki 0 pendaftar. Juga Pemerintah Kab. Gorontalo yang hanya ada satu pendaftar.

Instansi yang memiliki pendaftar terbanyak pada formasi PPPK Guru adalah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan 10.055 pendaftar.

Di bawahnya ada Pemerintah Kabupaten Bima, Pemerintah Prov. Jawa Barat, Pemerintah Prov. Lampung, dan Pemerintah Prov. Jatim.

Selanjutnya pada statistik pendaftar formasi PPPK Nakes, ada pada instansi Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Pemerintah Kab Tapanuli Utara yang masih memiliki 0 pendaftar.

Ada juga instansi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kementerian Luar Negeri, dan Pemerintah Kota Pekalongan yang masing-masing memiliki satu orang pendaftar.

Jumlah pendaftar terbanyak pada formasi ini ada di Kementerian Kesehatan dengan 1.375 pendaftar, dan disusul oleh Pemerintah Prov. Jawa Timur, Pemerintah Kab. Pasuruan, Kementerian Pertahanan, serta Pemerintah Kab. Bogor.

Terakhir, bagi calon pendaftar untuk formasi PPPK Teknis dapat mempertimbangkan instansi Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Pemerintah Kab Tapanuli Utara, dan Pemerintah Kab Bantaeng yang memiliki 0 pendaftar.

Ada juga Pemerintah Kab Nias Utara dengan hanya terisi 2 pendaftar dan Pemerintah Kab. Bangka Tengah dengan 4 orang pendaftar.

Baca Juga ; Universitas Terbuka Buka 161 Formasi CPNS, Yuk Segera Daftar!

Pendaftar terbanyak untuk formasi PPPK Teknis dipegang oleh instansi Kementerian Agama dengan 17.024 pendaftar.

Dibawahnya ada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional, Pemerintah Prov. Jawa Timur, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (jpg)

Editor : Yosep