25 radar bogor

Hari Rabies se-Dunia, DKPP Bersama BSIP PKH Gelar Vaksinasi Gratis 300 Dosis

DKPP

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian atau DKPP Kota Bogor bekerja sama dengan Pusat Standardisasi Instrumen Peternakan dan Kesehatan Hewan (BSIP PKH) Kementerian Pertanian, menggelar vaksinasi rabies gratis pada Sabtu (7/10/2023).

Baca Juga : Kemenkes Kaji Vaksin DBD Untuk Jadi Program Vaksinasi Nasional

Kepala Bidang Peternakan DKPP Kota Bogor, drh Anizar mengatakan, vaksinasi dilakukan untuk mempetingati Hari Rabies se-Dunia yang diperingati setiap tanggal 28 September.

Ia menyebut, ada sebanyak 300 dosis vaksin disediakan pada vaksinasi yang berlangsung di lapangan BSIP PKH, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara tersebut.

“Sasarannya adalah hewan-hewan peliharaan milik warga. Jika dilihat dari pendaftaran online total ada 275 hewan yang divaksin di antaranya ada 227 kucing, 46 anjing, 1 beruk, dan 1 musang,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Selain itu, pihaknya juga menyalurkan 1100 dosis vaksin rabies lain yang yang berasal dari APBD Kota Bogor dan APBD Provinsi Jawa Barat. Vaksin-vaksin itu kemudian disalurkan ke Klinik Satwagia, Klinik WMB, Klinik Hewan IPB Taman Kencana, dan Sekolah Vokasi IPB.

Ani mengatakan, vaksin rabies amat penting diberikan untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan pencegahan penyebaran penyakit rabies yang bisa berasal dari hewan peliharaan. Penyakit ini akan menyerang saraf pusat dan berpotensi menimbulkan kematian.

“Kami membantu masyarakat karena biasanya kalau di klinik harganya bisa mencapai ratusan ribu. Vaksin rabies diberikan dengan dosis satu tahun sekalu,” terangnya.

Kepala BSIP PKH, Kementerian Pertanian, Agus Susanto mengatakan kegiatan vaksinasi dilakukan sebagai langkah antisipatif melindungi warga yang sering berinteraksi dengan hewan peliharaan agar terhindar dari rabies. Ia berharap langkah itu juga dapat membantu mempertahankan kondisi Kota Bogor yang 0 kasus rabies.

Baca Juga : Antisipasi Antraks, DKPP Kembali Gelar Surveilans Tahunan

“Kolaborasi ini merupakan komitmen kami menjaga kesehatan masyarakat dan hewan. Kalau masyarakat sehat, hewan peliharaan sehat, negara akan kuat. Karena kesehatan jadi aspek bagi penting bidang-bidang lain,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap kolaborasi dan sinergi antara DKPP Kota Bogor dan BSIP PKH dapat terus dilaksanakan sehingga upaya pencegahan dan peningkatan kesehatan hewan dapat terus dilakukan dengan baik. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep