25 radar bogor

Ratusan Mahasiswa UIKA Bogor Geruduk Rektorat, Minta Dugaan Kasus Pelecehan Seksual Diusut Tuntas

BOGOR-RADAR BOGOR, Ratusan mahasiswa Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar aksi solidaritas, terhadap dugaan adanya kasus pelecehan seksual, di depan Gedung Rektorat kampusnya pada Kamis (5/10).

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa UIKA meminta jajaran petinggi kampus untuk mengusut tuntas dugaan pelecehan seksual, yang dilakukan oknum dosen.

Dengan berseragam serba hitam dan berbekal spanduk-spanduk besar bertuliskan pesan protes, ratusan mahasiswa UIKA itu memenuhi halaman depan Gedung Rektorat dan meneriakkan aspirasinya.

Baca juga: Satgas PPKS UIKA Libatkan Polisi Telusuri Akun TikTok @mahasiswiuika

Koordinator Lapangan, Mochammad Syahdan meminta dengan tegas agar pihak Rektorat UIKA Bogor memberikan ruang yang nyaman, aman, dan bersih dari pelecehan seksual bagi para mahasiswa terutama mahasiswi.

“Aksi ini solidaritas tidak ada tendensi dan kepentingan apapun, terkecuali memberikan ruang kampus yang ersih dari pelecehan seksual. Kami menyatakan akan terus membersamai pihak rektorat menyelesaikan kasus ini dan menjalankan Permendikbud nomor 30 tahun 2021,” ujarnya.

Baca juga: Gali Fakta Dugaan Kasus Pelecehan di UIKA, Satgas PPKS Cari Petunjuk ke Mahasiswa hingga Dosen

Dirinya mengapresiasi keputusan tegas pihak rektorat UIKA Bogor memberhentikan oknum dosen tersebut sebagai bentuk pencegahan kekerasan seksual.

Syahdan menyatakan akan terus membersamai Rektorat dan mendorong penempuhan jalur hukum apabila kejadian kekerasan atau pelecehan seksual terjadi di lingkungan Kampus UIKA Bogor. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman
Editor: Rany Puspitasari