25 radar bogor

Launcher Gantry Jembatan Otista Datang Malam Ini, Dipasang 10 Hari ke Depan

Jembatan Otista
Jembatan Otista

BOGOR-RADAR BOGOR, Batas target waktu proyek penggantian Jembatan Otista semakin tipis. Memasuki Oktober, pekerjaan jembatan yang melintasi Sungai Ciliwung ini sudah memasuki pekan ke-24.

Baca Juga :Crane Pemasang Balok Girder Jembatan Otista Dijadwalkan Tiba Pada 30 September

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina memaparkan progres proyek Jembatan Otista sudah berjalan sebesar 54 persen. Hingga saat ini pekerjaan itu masih lebih cepat dari yang ditargetkan dengan deviasi positif 9 persen.

Rena mengatakan di minggu ini para pekerja akan berfokus pada pemasangan launcher gantry yakni alat yang akan digunakan untuk memasang balok girder penyambung jembatan.

“Karena launcher gantrynya akan datang jadi kami setting dulu. Ada 5 trail yang kami setting. Menurut kesanggupan penyedia setting alatnya akan berlangsung minimal selama 10 hari,” terang dia kepada Radar Bogor Selasa (3/10/2023).

Ia menjelaskan, terdapat perubahan metode dalam pemasangan balok girder. Para pekerja akan memasang terlebih dulu launcher gantry baru setelah itu balok girder didatangkan ke area pekerjaan.

Rena menyebut, langkah itu dipilih untuk mengefisienkan area kerja yang minim. Hal itu dilakukan untuk mencegah asanya penambahan area kerja yang berimbas pada ditutupnya Jalan Otto Iskandardinata.

“Jadi balok girdernya atang kira-kira dua minggu lagi. Karena ada penyesuaian dari metode kerja dan waktu pemasangan launcher gantrynya paling cepat 10 hari. Kalau untuk pasang balok girder bisa 1-2 hari,” ucap dia.

Baca Juga : Cuaca Kota Bogor Terasa Begitu Terik, Ternyata Ini Sebabnya

Akan ada 14 segmen balok girder yang akan tiba pertama kali. Pada bagian awal ini balok girder tersebut diperuntukkan untuk jembatan moda trem. Sementara 50 segmen lainnya untuk jembatan utama akan datang setelahnya.

Rena menggaransi perubahan metode ini tidak akan memperlambat progres proyek Jembatan Otista. Hal itu disebutnya justru akan mempercepat pekerjaan. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep