25 radar bogor

Imbas Kebakaran Pasar Leuwiliang, Lokasi Relokasi Masih Belum Jelas

Pemilik Kios Pasar Tradisional Leuwiliang melihat kondisi kios yang tebakar pada Rabu malam (27/9), Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamis (28/9/2023). Akibat kebakaran tersebut seribu kios hangus terbakar hingga mengalami kerugian Miliaran Rupiah, menurut pengelola pasar terdapat 590 kios, 641 lapak, serta 835 pedagang menggunakan tenda. Foto : Radar Bogor / Hendi Novian

LEUWILIANG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Leuwiliang tengah melakukan inventarisir titik lokasi lahan relokasi, untuk pedagang Pasar Leuwiliang yang kiosnya terbakar, dalam insiden yang terjadi Rabu malam (27/9/2023).

“Masih kami diskusikan, akan pilih lahan milik Pemkab Bogor yang mana, nanti perencanaannya dibuat oleh Perumda Pasar Tohaga,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Camat Leuwiliang WR Pelitawan ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (3/10/2023).

Diskusi itu juga nantinya, kata dia, akan membahas luas lahan yang dibutuhkan, untuk bisa menampung semua pedagang yang lapaknya terbakar.

Baca juga: Kebakaran Pasar Leuwiliang, Polisi Beberkan Dugaan Asal Api

“Kami juga akan meminta persetujuan, atau diskusi dulu dengan para pedagang, terkait rencana tempat relokasi, agar mereka juga miliki gambaran ke depannya,” beber dia.

Sementara Humas Perumda Pasar Tohaga Defi Imanullah menuturkan, relokasi pedagang Pasar Leuwiliang sementara berada di lokasi sekitar plataran eks Pasar Leuwiliang.

Pedagang existing yang terdampak, akan berjualan kembali di Tempat Penampungan Sementara (TPS).

“Perumda Pasar Tohaga bersama Muspika Kecamatan serta Pedagang sepakat untuk saat ini lokasi disekitar Pasar Rakyat Leuwiliang,” katanya.(Abi)

Penulis: Abi
Editor: Rany Puspitasari