25 radar bogor

Ganjar Pranowo Dinobatkan Sebagai Bapak Truk Nusantara

Illustrasii foto, Ganjar Pranowo komitmen untuk pemberantasan pungli di jalan raya

JATENG-RADAR BOGOR, Ratusan truk mengepung Kantor Gubernur Jawa Tengah menjelang berakhir masa jabatan Ganjar Pranowo pada Senin (4/9/2023). Bukan untuk demonstrasi, mereka justru ingin menobatkan politikus berambut putih itu sebagai “Bapak Truk Nusantara”.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Turunkan Kemiskinan Melalui Micro Targeting

Lebih dari 130 truk itu mulai berkumpul di sepanjang Jalan Pahlawan, Kota Semarang sekira pukul 14.15 WIB. Tampilan truk-truk itu agak berbeda, karena di setiap bak truk ada gambar Ganjar Pranowo dengan berbagai pose dan quote unik yang beragam. Para sopir truk yang tergabung dalam Komunitas Truk Nusantara tersebut sengaja dating untuk menyampaikan terima kasih kepada Ganjar.

“Sebenarnya sejak tahun lalu, teman-teman komunitas truk ingin menobatkan (Pak Ganjar) sebagai Bapak Truk Nusantara karena komunitas truk ingin punya bapak angkat yang bisa melindungi dan mengayomi,” ujar Koordinator Aksi Kopdar Truk Nusantara Om Irul Explor.

Menurut Irul, penobatan itu bukan tanpa alasan. Ganjar dinilai berperan dalam membasmi pungutan liar (pungli) di jembatan timbang, sehingga membuat para sopir truk nyaman dalam bekerja. Pada 2014, atau satu tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar langsung “bersih-bersih” di tubuh birokrasi pemerintahan, salah satunya di jembatan timbang.

“Dari awal kepemimpinan pak Ganjar sudah langsung membuat gebarakan, tindakannya nyata membasmi pungli di jembatan timbang Subah Batang, dan itu luar biasa. Dampaknya pungli semakin minim. Pak Ganjar juga membuka layanan aduan yang apabila ada pungli, bisa lapor dan langsung ditindak,” paparnya.

Sikap tegas dari Ganjar bukan hanya berdampak pada sopir truk di Jawa Tengah, melainkan juga dari daerah lain di Indonesia.”Maka, kita ada sekitar 125 sampai 130 truk datang ke sini, dan tiap truk rata-rata tiga orang. Ada dari Madura, Pacitan, Malang, Kuningan, dan berbagai daerah di Jateng. Kami berharap, ketegasan Pak Ganjar bisa dilanjutkan oleh pemimpin Jawa Tengah berikutnya,” ungkapnya.

Ade Hermanto, seorang sopir truk ekspedisi mengaku, tidak ada lagi pungli pada jembatan timbang di Jawa Tengah sejak Ganjar marah-marah. Dulu sopir harus menyiapkan amplop untuk bisa lolos dari jembatan timbang. “Sejak Pak Ganjar ngamuk sudah aman. Sekarang hanya siapkan surat-surat saja,” terangnya.

Baca Juga : Megawati Hingga Ganjar Pranowo Apresiasi Aplikasi Media Pintar Perjuangan Dukung Kedaulatan Pangan

Setelah sejam, Ganjar pun menemui para sopir truk dari berbagai daearh tersebut. Ganjar lantas menyapa satu-satu para sopir, sekaligus melihat truk-truk yang terparkir rapi itu.”Dari sidak jembatan timbang dan beberapa keluhan dari sopir truk itu semoga dapat membuat pemerintah bersikap lebih baik sehingga para sopir truk nyaman di jalan,” tandasnya. (wir)

Editor : Yosep