25 radar bogor

Gol Dianulir Wasit, Timnas Indonesia Kalah dari Uzbekistan. Indra Sjafri Keberatan!

Timnas Indonesia
Aksi Striker Timnas Indonesia U-24 Ramadan Sananta saat menghadapi Uzbekistan, Kamis (28/9/2023).

CHINA-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia U-24 harus gugur dari cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok.

Baca Juga : Takluk dari China Taipei, Timnas Indonesia Wajib Habis-habisan Lawan Korea Utara

Itu setelah pasukan Indra Sjafri kalah 0-2 dari Uzbekistan, pada laga babak 16 besar Asian Games 2022 di Stadion Shangcheng Sports Centre, Kamis (28/9/2023).

Dalam laga tersebut, Uzbekistan dan Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 hingga waktu normal 90 menit. Setelah itu dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2×15 menit.  Gol yang ditunggu Uzbekistan akhirnya tercipta melalui Ersanov Sherzoo pada menit ke-93. 

Tertinggal satu gol, Garuda Muda keluar menyerang. Sebetulnya, Indonesia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-110. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena Ramadhan Sananta di posisi offside, seusai menyundul bola umpan tendangan bebas Rizky Ridho.

Indonesia selanjutnya mendapat kerugian, seusai Hugo Samir mendapat kartu merah pada menit ke-112. Ia mendapat kartu merah setelah menyikut pemain Uzbekistan.

Uzbekistan mendapat gol kedua melalui tendangan Sherzoo pada menit ke-120+2, usai memanfaatkan umpan tarik. Skor 2-0 untuk kemenangan Uzbekistan hingga laga usai. 

Kekalahan Timnas Indonesia di Asian Games 2023, diakui membuat Indra Sjafri bingung mengapa gol penyama kedudukan Indonesia pada laga kontra Uzbekistan dianulir wasit.

Indra Sjafri mempertanyakan keputusan wasit menganulir gol Indonesia yang dicetak Ramadhan Sananta di menit ke-110.

Selain bingung, Indra Sjafri juga mengaku tak tahu alasan asisten wasit mengangkat bendera tanda terjadinya offside pada gol Ramadhan Sananta.

Diketahui, momen gol Sananta yang dianulir wasit terjadi pada babak kedua perpanjangan waktu. Berawal dari tendangan bebas Rizky Ridho, Sananta kemudian berhasil menanduk bola.

Sayangnya, peluang terbaik yang dimiliki Timnas Indonesia sepanjang pertandingan harus sirna oleh keputusan wasit.

Sesaat setelah momen gol Sananta, terlihat Indra Sjafri terlihat sudah sempat melakukan sujud syukur di pinggir lapangan.

Keputusan wasit yang berdasarkan kepada pengamatan hakim garis pun sempat mendapat protes dari para pemain Indonesia seperti Rizky Ridho dan Ramai Rumakiek.

Puncaknya, Hugo Samir yang masih terbawa emosi dikeluarkan dari pertandingan usai melakukan aksi tak terpuji dua menit setelah gol dianulir.

Hingga peluit akhir ditiup dan Indonesia dipastikan tersingkir , Indra menyebut masih belum mendapat kejelasan soal gol Sananta.

Pada sesi konferensi pers, pelatih yang sukses membawa pulang medali emas Sea Games 2023 menyinggung soal gol Sananta dan menyayangkan ketiadaan perangkat Video Assistant Referee (VAR) pada sekaliber ajang Asian Games.

Pelatih Indra mengaku keberatan dengan keputusan tersebut. “Sebenarnya kita tadi sampai sekarang kami gak tahu kenapa gol yang tadi dianulir oleh wasit, apakah memang offside. Tentu di ajang sebesar ini perlu ada VAR untuk bisa benar-benar valid offside atau tidak offside,” tuturnya.

Pelatih Indra Sjafri menyebut anak asuhnya berhasil menjalankan instruksinya sepanjang pertandingan, namun beberapa kesalahan Garuda Muda sukses dieksploitasi lawan.

“Ya sebenarnya sampai sebelum gol terjadi anak-anak secara disiplin menjalankan apa yang kita inginkan, fokus, jaga setiap pergerakan dari pemain Uzbekistan. Tapi di sepak bola memang kadang kala ada error dan error itu secara baik dimanfaatkan oleh Uzbekistan,” ucap pelatih yang membawa Indonesia Juara Piala AFF U-19 2013 silam.

Baca Juga : Hadapi China Taipei Sore Ini, Timnas Indonesia U-24 Jangan Overkonfiden

Timnas Indonesia mampu menahan imbang Uzbekistan tanpa gol sampai waktu normal usai. Namun, Pelatih tim nasional U-24 Indra Sjafri menilai timnya masih mudah kemasukan dari situasi bola mati.

“Secara head to head sebenarnya partai di 2 x 45 menit mereka juga sulit membongkar compact defence kita tapi lagi-lagi kita kebobolan dari set piece ya, dan sama dengan pertandingan China Taipei, Korea Utara kita juga kebobolan dari set piece,” ucap Indra Sjafri pada konferensi pers seusai pertandingan di Stadion Shangcheng Sports Centre, Hangzhou. (net)

Editor : Yosep