25 radar bogor

BSI Maslahat Resmikan Program Pesantren Sehat di Rancabungur

BOGOR-RADAR BOGOR, Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) meresmikan Program Pesantren Sehat 2023, pada Minggu, (24/9).

Adapun, kegiatan Program Pesantren Sehat 2023 berlangsung di Pesantren Al Ghifari, Desa Candali, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor.

Direktur Program Care BSI Maslahat, Ilham Syahputra mengatakan, kegiatan yang dilakukan pada Program Pesantren Sehat untuk daerah Bogor ini antara lain penyelenggaraan kegiatan pemberian makan sehat dan bergizi, layanan kesehatan umum dan gigi.

Kemudian, dijelaskan Ilham Syahputra edukasi kesehatan reproduksi, edukasi bahaya narkoba dan edukasi gizi.

“Kegiatan ini diformulasikan secara lengkap untuk santri-santri pondok pesantren kategori dhuafa. Selain itu BSI dan BSI Maslahat juga memberikan souvenir berjumlah 100 paket serta sanitary kit dan alat kebersihan lainnya,” kata Ilham Syahputra.

Dalam program ini para santri diberikan makanan sehat selama dua pekan dengan menu sehat yang dirancang sesuai Angka Kecukupan Gizi oleh tim kesehatan BSI Maslahat.

Aktivitas lain dalam program ini adalah pemberian suplemen zat besi (Fe) bagi santri usia remaja, mengacu pada program Nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, BSI Maslahat melalui tim kesehatannya berkomitmen mendukung program pemerintah tersebut dengan memberikan suplemen Fe bagi remaja di sekolah dan pondok pesantren.

Pada 2023 ini target yang disasar adalah 700 orang santri di pondok pesantren yang tersebar di beberapa titik di wilayah Jawa Barat.

Direktur Care Program BSI Maslahat berharap para santri tidak patah semangat dan terus meningkatkan belajar.

“Terima kasih kepada para santri dan pengurus Yayasan sudah hadir semoga acara ini bisa memberikan manfaat,” kata Ilham.

Sementara itu, Manager Care Group Dedi Setiawan menjelaskan, dengan dilaksanakannya program Pesantren Sehat ini para santriwan dan santriwati tidak hanya mendapatkan edukasi terkait kesehatan dan bahan makanan sehat tapi juga edukasi mengenai pentingnya kesehatan reproduksi.

Saat ini santri di Pesantren Al Ghifari ada kurang lebih sekitar 100 santri. Penerima manfaat dari Program Pesantren Sehat adalah para santri yang masuk dalam kategori dhuafa.

Hadir dalam acara ini Tim BSI Maslahat, pengurus pesantren, tokoh masyarakat, konselor kesehatan reproduksi, konselor gizi, perwakilan konselor dari BNN, dan tim kesehatan dokter umum dari tim BSI Masalahat.

Untuk diketahui, Pada 2023 Program Pesantren Sehat akan digelar di tujuh pesantren seluruh Indonesia.

Dari target 7 pesantren, program Pesantren Sehat sudah terlaksana di 5 lokasi dan menyasar 400 penerima manfaaat santri.

Dalam sambutannya, Ketua Pesantren Al Ghifari menyampaikan selain menghafal Alquran di Pondok Pesantren juga bertujuan untuk mencetak entrepreneur muslim yang tangguh.

“Dalam kesehariannya pondok pesantren menekankan nilai akhlak agar santri dapat diterima dikalangan masyarakat,” katanya.

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas.

Pada tahun ini, BSI Maslahat mempunyai campaign dan produk baru diantaranya Give 20k dan goamal.org. Untuk program campaign Give 20k meliputi, ekonomi, pendidikan, kemanusiaan, masjid dan lain sebagainya.

Sedangkan goamal.org adalah platform sedekah online penghimpun dana zakat, infak, dan wakaf yang dikelola oleh BSI Maslahat. dengan goamal.org, sahabat bisa berdonasi semudah scan Qris. selain itu, pembayaran donasi sahabat bisa berapa saja, dimana saja, dan kapan saja.(ded)

Editor : Yosep