25 radar bogor

Wujudkan Zero Waste, IPB Gandeng Komunitas di Cibanteng Ciptakan Conblock Berbahan 4,5 Kg Sampah

Pembuatan Conblock IPB University berbahan dasar dari sampah. Sofyansyah/ Radar Bogor
Pembuatan Conblock IPB University berbahan dasar dari sampah. Sofyansyah/ Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, IPB University kembali melahirkan inovasi terbarunya. Kali ini berkaitan dengan pengelolaan sampah yang dihasilkan dari aktivitas kampus yang berlokasi di Kecamatan Dramaga itu.

Di bawah Unit Teknis Direktorat Umum dan Infrastruktur, IPB University menciptakan conblock dari sampah-sampah yang tak bernilai seperti sterofoam, plastik mika, dan sampah plastik lainnya bekerja sama dengan Komunitas Masyarakat Desa Cibanteng.

Asisten Direktur Pengelolaan Kebersihan Kampus IPB University, Agus Amperanoto menjelaskan inovasi ini sudah digagas pihaknya sejak 3 bulan lalu. Conblock berbahan sampah itu sudah menjalani uji coba sebanyak 8 kali.

“Saat ini juga masih uji coba. Karena masih ada beberapa mateeial yang masih belum pas. Akhir bulan nanti akan dilakukan uji coba lagi yaitu uji tekan,” ujarnya saat ditemui Radar Bogor.

Satu buah conblock sampah buatan IPB saat ini memiliki bobot 2,3 kilogram. Agus menargetkan conblock bertinggi 6 centimeter itu memiliki berat 2,5 kilogram. Untuk membuat 1 buah conblock dibutuhkan sekira 4,5 kilogram sampah.

Baca juga: Ajang PREA 2023, IPB University Sabet Lima Penghargaan

Hal itu tentu membuat inovasi ini menjadi mimpi besar solusi penyelesaian masalah sampah. Sebab dalam penyusunan jalan atau taman membutuhkan banyak conblock dengan begitu, semakin banyak pula sampah yang bisa dimanfaatkan.

“Proses pembuatan conblock dimulai dari pencacahan sampah. Setelah itu cacahan sampah tersebut dilelehkan kemudian dicetak dan ditekan menggunakan mesin hidrolik,” tutur Agus.

Ia menyebut, dalam proses pembuatan conblock tidak ada polusi yang dihasilkan. Sebab uap pelelehan ditangkap dan diubah berbentuk cair menjadi resin dan diolah menjadi bahan bakar.

Agus menuturkan, dalam sehari Kampus IPB University menghasilkan rata-rata 6 kubik sampah organik dan 8 kubik sampah anorganik.

Upaya pengelolaan dan penguangan sampah terus dilaksanakan untuk mencapai mimpi zero waste.

Saat ini, IPB University bahkan memiliki 10 kegiatan yang dilaksanakan untuk mencapai hal itu.

Di antaranya sistem pemilahan sampah di hulu, pengurangan sampah, rumah kompos, rumah pilah bank sampah domestik, pengelolaan limbah b3, ATM sampah, hingga penanganan sampah dengan membuat produk baru. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman

Editor: Rany Puspitasari