25 radar bogor

Museum dan Galeri IPB Future, Cara Kampus Biru Pamerkan Jejak Perjalanan dari Masa ke Masa

Museum dan Galery IPB University di Kampus Dramaga. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Sejarah panjang IPB University, kini sudah dapat dinikmati dengan lebih menarik dengan cara berkunjung ke museum terbarunya, yang bertajuk Museum dan Galeri IPB Future.

Museum yang dibangun sejak tahun 2022 lalu itu, ternyata telah diresmikan pada 12 Januari 2023 lalu.

Pada bagian luarnya, bangunan bercat putih ini kental dengan nuansa Belanda Kuno.

Sebab, Museum IPB menempati komplek gedung Landhuis, yang sebelumnya merupakan rumah tinggal keluarga GW Van Motman, sang pemilik perkebunan karet di Jawa Barat pada masa Hindia Belanda.

Bangunan tersebut dinilai memiliki nilai sejarah yang tinggi, sehingga pada proses pembangunan museum IPB, dilakukan revitalisasi tanpa mengubah desain maupun tata letak gedungnya.

Namun nuansa kuno itu menjadi modern, saat pengunjung memasuki bagian dalam bangunan ini.

Desain modern dengan motif mozaik tersaji di sudut-sudut ruangan ini. Tak hanya dari sisi tampilan bangunan, ini juga dilengkapi gerbang elektronik yang kerap ditemukan di bandara maupun stasiun.

Supervisor Pengelolaan Museum Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital (LMITD), Hirra Nurlaeni menjelaskan, Museum dan Galeri IPB Future terbagi menjadi 3 segmen ruang.

Baca juga: Ajang PREA 2023, IPB University Sabet Lima Penghargaan

Di antaranya ruang masa lalu, ruang masa kini, dan masa depan.

Seperti namanya, ruang masa lalu menyajikan sederet napak tilas perjalanan, dan perkembangan IPB yang ditampilkan melalui video di ruang audio visual, maupun narasi serta foto yang terpajang rapi dan runut pada dinding-dinding ruangan ini.

Pada segmen ini, para pengunjung juga dipertontonkan sejumlah alat-alat yang kerap digunakan dalam pembelajaran di masa itu.

Seperti over head projector OHP, kamera, alat perekam suara, hingga mikroskop.

Di bagian ruang masa kini yang berberbentuk lorong, tersaji mural, serta foto 6 Presiden yang pernah menjabat di Indonesia, lengkap dengan pesan-pesan yang disampaikan mereka untuk IPB.

Pesan-pesan ini dapat dibaca pada layar interaktif yang berada di sisi kiri lorong itu.

Sementara pada ruang masa depan, disampaikan visi misi IPB University beberapa tahun ke depan.

Dalam ruang segmen ini, juga disediakan sebuah ruang bagi pengunjung, untuk menggantungkan harapannya bagi IPB, lewat secarik kertas yang kemudian ditempelkan di dinding ruangan.

“Total ada 11 ruangan yang dimilik Museum dan Galeri IPB Future ini. Saat ini benda yang dipamerkan masih sedikit dan akan kami tingkatkan ke depan. Kami juga masih akan mengembangkan dan membuat ruang pamer lagi yang dilengkapi dengan teknologi tinggi agar lebih menarik perhatian masyarakat,” ujar Hirra saat ditemui Radar Bogor Rabu (27/9).

Sebagai informasi, Museum dan Galeri IPB Future terbuka bukan saja untuk civitas dan warga IPB, namun juga masyarakat lokal, dan mancanegara.

Gedung ini dapat dikunjungi pada hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 9.00-15.30 WIB, dan gratis.Registrasi kunjungan museum dapat dilakukan secara online dengan mendaftar melalui link website yang tercantum dalam akun Instagram @museumipb.

“Saat berkunjung pengunjung diharapkan berpakaian rapi dan sopan memakai celana Panjang dan sepatu, mengisi daftar hadir di akhir kunjungan, dan dilarang membawa makan atau minum ke dalam museum,” tutur Hirra. (Fat)

Penulis: Reka Faturachman

Editor: Rany Puspitasari