25 radar bogor

Berawal dari Relawan Perhitungan Suara, Ummi Wahyuni Jadi Perempuan Pertama Jabat Ketua KPU Jabar

Ketua KPU Jawa Barat, Ummi Wahyuni. Foto: Hendi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Jabatan Ketua KPU Jawa Barat kini resmi dijabat Ummi Wahyuni. Ummi menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan tersebut, setelah dilantik bersama 6 komisioner KPU Jabar lainnya oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

Mereka dilantik di kantor KPU RI di Jakarta pada Minggu, 24 September 2023. Selain Jawa Barat, KPU provinsi lainnya yang juga dilantik adalah Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Sumatera Utara, dan Bali.

Wanita kelahiran Bangkalan, Jawa Timur, itu adalah Ketua KPU Kabupaten Bogor periode 2018-2023.

Melansir laman resmi KPU Kabupaten Bogor. Ummi Wahyuni bukan orang baru di KPU. Dia sempat mengisi beberapa jabatan strategis, dan juga sempat menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi swasta.

Baca juga: Resmi Dilantik, Ummi Wahyuni jadi Ketua KPU Provinsi Jawa Barat

Ummi menempuh pendidikan S1 Peternakan Institut Pertanian Bogor, Lulus Tahun 2006. Kemudian Ummi melanjutkan pendidikan S2 ke Universitas Ibnu Kholdun Bogor.

Dalam pengalaman pekerjaan, dia sempat menjabat sebagai Internal Officer CV.AR Rizki tahun 2008 – 2010. Kemudian, Staff Pengajar Yayasan Al-Huda Tahun 2010-2012, Dosen STAI Aulia Tahun 2013.

Dalam dunia kepemiluan, Ummi sendiri sempat tergabung dalam Relawan Pemantau JPPR untuk Wilayah Kerja Kabupaten Bogor pada Pemilu Legislatif Tahun 2004.

Dia juga sempat menjadi Relawan Entry Data Perhitungan Suara KPU Kabupaten Bogor Wilayah Tugas Kecamatan Pamijahan untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2004.

Kemudian, Ummi sempat menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Ciampea Divisi Sosialisasi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2012.

Ummi pernah jadi Ketua Lembaga Pemantau Perempuan KPPI untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor Tahun 2013.

Terahir, Ummi mengemban jabatan Anggota KPU Kabupaten Bogor Tahun 2013 – 2018. Dan kini dia terpilih menjadi ketua KPU Jawa Barat periode 2023-2028. (ran)

Penulis: Rany Puspitasari
Editor: Rany Puspitasari