25 radar bogor

Pemkab Ajak Ormas Berperan Serta Tingkatkan Perekonomian Kabupaten Bogor

Ormas
kegiatan Coffee Morning Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor bersama omas (Compas), di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Cibinong, Kamis (21/9).

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengajak organisasi masyarakat atau ormas untuk berperan serta dalam upaya meningkatkan perekonomian Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Pemkab Bogor Terima Hibah Barang Rampasan Negara dari KPK

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Burhanudin, saat mewakili Bupati Bogor membuka kegiatan Coffee Morning Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor bersama organisasi kemasyarakatan (Compas), di halaman kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Cibinong, Kamis (21/9).

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bakesbangpol beserta jajarannya, serta perwakilan Ormas di Kabupaten Bogor. Acara diisi narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bogor, serta kalangan pengusaha.

Sekda Burhanudin mengucapkan terima kasih kepada ormas atas dedikasi dan kontribusinya selama ini memberikan dorongan, motivasi, bahkan membantu Pemkab Bogor mengawal program pembangunan di Kabupaten Bogor, salah satunya program meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM yang berdaya.

“Berhasilnya pembangunan sebagai pengamalan Pancasila tergantung daripada partisipasi seluruh masyarakat serta pada sikap mental, tekad, semangat, ketaatan dan disiplin para penyelenggara negara. Hari ini kita berdiskusi di kegiatan Compas adalah wujud dari kolaborasi antara Pemkab Bogor bersama ormas dalam membangun Kabupaten Bogor,” ungkap Burhanudin.

Burhanudin menambahkan, di tengah tantangan perekonomian global, seluruh stakeholder koperasi, UMKM, perdagangan, perindustrian dan ekonomi kreatif, harus bersinergi mengkapitalisasi peluang sekecil apapun untuk menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif.

“Pemkab Bogor melalui dinas teknis terkait, terus berupaya memberikan dukungan dan pendampingan bagi IKM dan UMKM agar mampu meningkatkan level bisnisnya, melalui fasilitasi pendampingan perizinan, produksi, kemasan, sertifikasi dan sebagainya,” tambah Burhanudin.

Burhanudin meminta para pelaku UMKM juga terus meningkatkan kapasitasnya, baik dalam hal teknik produksi, manajemen dan pemasaran serta memperluas jejaring dengan stakeholder dan sesama pelaku UMKM.

“Dengan sinergi, kolaborasi dan kemitraan yang baik antara Pemkab Bogor bersama stakeholder, insya Allah potensi UMKM Kabupaten Bogor dapat terangkat, naik kelas, maju, berkembang dan sejahtera,” ujar Burhanudin.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor, Bambang W. Tawekal menjelaskan, kegiatan Compas hari ini adalah angkatan yang ke lima dan diikuti sekitar 27 ormas. Pemkab Bogor mengajak ormas untuk sama-sama memberikan kontribusi positif bagi pemerintah dalam mengatasi permasalahan yang ada di Kabupaten Bogor dalam bentuk diskusi.

“Hasil dari diskusi hari ini akan kita rekomendasikan kepada dinas terkait, harapannya permasalahan yang ada di lapangan bisa dituntaskan berdasarkan usulan dan aspirasi masyarakat,” jelas Bambang.

Baca Juga : Pemkab Bogor Tetapkan 10 Lokus Penanganan Stunting Tahun 2023

Bambang menerangkan, semoga kedepan sinergitas antara Pemkab Bogor dengan ormas berjalan dengan baik dan harmonis untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Acara ini juga sebagai wadah, memberikan bekal terkait upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui UMKM yang yang mampu memperluas lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan,” terang Bambang. (*)

Sumber : Diskominfo Kabupaten Bogor
Editor : Yosep