25 radar bogor

Kritik Pedas Pelanggaran PPDB, BEM Se-Bogor Nilai Pemkot Bogor Tak Tegas

Koordinator Bem se-Bogor soal PPDB
Kordinator BEM Se-Bogor Achmad Shobari saat menghadiri FGD soal PPDB di Graha Pena, Rabu (20/9/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Kritik pedas terkait penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB dilontarkan BEM se-Bogor pada Pemerintah Kota Bogor. Kritik itu disampaikan di acara Focus Group Discussion (FGD) Obrolan Serius Mencari Solusi (Obsesi) Rabu (20/9/2023).

Baca Juga : PPDB Sarat Polemik, Koordinator BEM Se-Bogor: Harus Tindak Tegas!

BEM se-Bogor menilai, PPDB di Kota Bogor sangat jauh dari aturan dalam Permendikbud Nomor 1 tahun 2021, lantaran masih banyaknya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum yang ada di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Koordinator BEM Se-Bogor, Achmad Sobari mengatakan, PPDB di Kota Bogor tak akan berjalan baik apabila dinas-dinas terkait tidak saling bersinergi dan berkolaborasi untuk menutup ruang gerak oknum yang mengambil keuntungan dalam penyelenggaraan PPDB.

Dirinya juga sangat menyayangkan sikap dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor yang tidak mengambil tindakan tegas terkait oknum-oknum yang bermain dalam pelaksanaan PPDB di Kota Bogor.

“Disdik Kota Bogor seharusnya memberikan tindakan tegas dan mencari oknum-oknum yang bermain atau mencari keuntungan dalam pelaksanaan PPDB, yang menjadikan sistem PPDB menjadi semrawut dan banyak merugikan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Bima Arya Kantongi 37 Aduan Pungli dan 92 Kecurangan PPDB

Dirinya juga menyindir Perwali yang akan diterbitkan oleh Wali Kota, Bima Arya. Menurutnya, Perwali terkait PPDB Kota Bogor masih harus diperbaiki dalam segi filosofis, sosiologis dan yuridisnya.

“Masih banyak penyesuaian agar nantinya Perwali itu menjadi sebuah solusi yang tepat untuk keberlangsungan PPDB di Kota Bogor dan mencegah oknum-oknum yang bermain dalam PPDB ke depan,” tutur dia. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep