25 radar bogor

Gali Potensi Wisata Desa Malasari, UNB Gelar Program Kemitraan Masyarakat

Desa Malasari
UNB melaksanakan rangkaian kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang merupakan hibah Kemendikbud Ristek Dikti tahun anggaran 2023 di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

BOGOR – RADAR BOGOR, Universitas Nusa Bangsa (UNB) melaksanakan rangkaian kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang merupakan hibah Kemendikbud Ristek Dikti tahun anggaran 2023 di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Bantu Warga Pulau Pari Berdaya, UNB Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kegiatan tersebut mengambil tema, ‘Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Keramat Banteng dalam Meningkatkan Kemampuan Usaha Wisata di Desa Malasari Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor’.

Wisata Alam Curuq Antin, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sedang digalakkan saat ini dan dikelola oleh Pokdarwis, berada pada titik koordinat X 667721;Y 9261649, ketinggian 999 mdpl, berdasarkan batas wilayah administrasi pemerintahan daerah lokasi Curug Antin masuk kedalam wilayah Desa Malasari.

Pokdarwis Kampung Keramat Banteng didirikan pada 25 Juni 2019, bertujuan memperkenalkan, melestarikan dan memanfaatkan potensi daya tarik wisata alam Curug Antin yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan anggota kelompok dan masyarakat sekitar.

Berdasarkan penelitian sebelumnya bahwa dalam pengelolaan wisata alam Curuq Antin, Pokdarwis memiliki pengetahuan manajemen usaha dan inovasi usaha masih rendah, serta metode pemasaran masih terbatas. Sehingga diperlukan pelatihan dan pendampingan dalam manajemen dan pemasarannya.

Kegiatan PKM telah dilaksanakan pada 29 Juli dan 19 Agustus 2023, yang diikuti sebanyak 30 orang terdiri dari Pokdarwis, tim PKM serta mahasiswa. Kegiatan meliputi penyuluhan dan pelatihan tentang potensi Desa Malasari sebagai desa wisata, kewirausahaan dan motivasi usaha wisata, serta pemasaran usaha wisata. Materi disampaikan oleh Sekretaris Desa Malasari Suryati, M.Kes; Dr. Faizal Maad, Ir.M.Si; Linar Humaira, Ir.M.S dan Abdul Rahman Rusli, S.Hut.M.Si.

Kegiatan PKM mendapatkan respon yang baik, terlihat dari antusiasme peserta cukup tinggi, hal ini ditandai dengan pertanyaan-pertanyaan dalam diskusi serta hasil pretest dan post tess terjadi peningkatan pemahaman terhadap materi sebesar 65%, begitu pula ketrampilan peserta meningkat terutama tentang penyusunan pembukuan secara sederhana dari usaha wisata yang dijalankan.

Baca Juga : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNB Berikan Pelatihan Kewirausahaan Pelaku UMKM di Pulau Pari

Menurut Ketua PKM Tun Susdiyanti bahwa dalam kegiatan PKM ini terintegrasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berbasis pada Indikator Kinerja Utama (IKU), yang melibatkan 3 orang mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman diluar kampus dengan diberikan pengakuan SKS. (*)

Editor : Yosep