25 radar bogor

Atlet Cilik Asal Kota Bogor Harumkan Indonesia di Thailand

Atlet asal Kota Bogor, Binar. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kegigihan dan keberanian Binar melawan banyak musuh dari berbagai negara membawanya berhasil berdiri di atas podium Negeri Gajah Putih. Sebuah medali perunggu di ajang Thailand Open Karate Championship ia persembahkan bagi tanah air dan Kota tercinta, Bogor.

Meski baru berusia 12 tahun, mental Binar Puti Kayla atlet cilik asal Kota Bogor layak diacungi jempol. Ia tak gentar meski harus berhadapan dengan belasan musuh yang datang dari berbagai negara.

Baca Juga: Keren! Atlet Drum Band Kota Bogor Bawa Jawa Barat Lolos ke PON 2024

Di ajang Thailand Open Karate Championship kemarin, Binar beradu kuat dengan 18 peserta. Mereka di antaranya berasal dari India, Malaysia, Perancis, China, dan tuan rumah Thailand.

Pada kompetisi itu Binar berdiri di bawah bendera Tim Renzo United. Dengan gigih ia mengalahkan lawan-lawannya. Luka atau cedera ringan tak lagi dihiraukan, baginya itu sudah jadi makanan sehari-hari.

Usaha itu pun berbuah manis, Binar merebut medali perunggu pertamanya dari luar negeri untuk dibawa pulang ke tanah air.

Binar bercerita, selama masa persiapan tidak ada hari yang dilewatkannya untuk latihan. Bahkan dirinya harus menahan rasa kantuk demi bisa menyeimbangkan waktu antara latihan dan belajar.

“Biasanya latihan 3 kali seminggu di Inkai GOR Pajajaran. Tapi kalau mau lomba bisa setiap hari. Pulang latihan jam 11 malam, lalu jam 3 pagi bangun untuk belajar,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Meski sulit, kegiatan itu dilakoninya dengan senang hati. Karate memang sudah menjadi hobi dan bagian dari hidup Binar. Ia sudah mulai menjajaki dunia karate sejak duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) saat dirinya berumur 6 tahun.

“Awalnya masuk karate karena senang melihat orang karate tapi akhirnya jadi hobi lanjut sampe sekarang. Walaupun capek, luka, bibir sobek, jari keplintir tetap senang jalaninnya dan sudah terbiasa,” ucapnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas, IKATI Perumda Tirta Pakuan Gelar Seminar Keluarga

Selain medali perunggu dari Thailand, berbagai raihan prestasi juga sudah pernah dikantongi Binar di antaranya Juara 1 pra pemula kumite -30kg putri Kejuaraan Provinsi INKAI Jabar, Juara 1 kata beregu usia dini-pra pemula putri Piala Menpora, Bharaduta Open Karate Championship, Juara 1 kumite -30kg pra pemula putri , Piala Menpora, Bharaduta Open Karate Championship, dan Juara 2 kumite pra pemula putri Piala Mendagri, Renzo International Open Karate Championship.

Pelajar kelas 6 SDN Sukadamai 3 ini berkomitmen untuk terus mengasah kemampuannya dan bertekad meraih lebih banyak prestasi ke depan. Bahkan, ia bermimpi dapat mewakili Indonesia sebagai atlet nasional.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto