25 radar bogor

PPDB Sarat Polemik, Koordinator BEM Se-Bogor: Harus Tindak Tegas!

Koordinator Bem se-Bogor soal PPDB
Kordinator BEM Se-Bogor Achmad Shobari saat menghadiri FGD soal PPDB di Graha Pena, Rabu (20/9/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Obrolan Serius Mencari Solusi (Obsesi) diselenggarakan di Graha Pena, Kota Bogor, Rabu (20/10). Berbagai pandangan mewarnai pembahasan mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Salah satunya, BEM Se-Bogor yang menghadiri langsung undangan dalam acara FGD tersebut. Koordinator BEM Se-Bogor, Achmad Shobari, mengakui PPDB masih sangat jauh dari apa yang sudah diatur dalam Permendikbud nomor 1 tahun 2021.

Baca Juga: Bima Arya Kantongi 37 Aduan Pungli dan 92 Kecurangan PPDB

Menurutnya, masih banyak pelanggaran yang dilakukan oleh oknum-oknum yang ada di beberapa dinas terkait di kota Bogor.

“PPDB di kota Bogor ini tidak akan berjalan baik sampai kapanpun jika dari dinas terkait tidak sinergi dan kolaborasi dalam menjalankan PPDB. Itu untuk menutup ruang gerak oknum yang mengambil keuntungan di tengah pelaksanaan PPDB di kota Bogor,” tegasnya.

Ia juga sangat menyayangkan sikap dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor yang tidak mengambil tindakan tegas terkait oknum-oknum yang bermain dalam pelaksanaan PPDB tersebut.

“Seharusnya ada tindakan tegas dan mencari oknum-oknum yang bermain atau mencari keuntungan dalam pelaksanaan PPDB di Kota Bogor, yang menjadikan sistem PPDB di kota menjadi semrawut dan banyak merugikan masyarakat,” cetusnya.

Achmad Shobari juga memberikan sindiran terkait Perwali yang akan diterbitkan. Karena, menurutnya, dalam Perwali itu masih banyak yang harus diperbaiki. Mulai dari segi filosofis, sosiologis, dan yuridisnya.

“Perwali masih jauh dari kata sempurna sehingga harus banyak penyesuaian agar nantinya menjadi sebuah solusi yang tepat untuk keberlangsungan PPDB di Kota Bogor dan mencegah oknum-oknum yang bermain di dalamnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Bantu Verifikasi, Database PPDB Bisa Digodok Sebelum Pelajar Lulus

Kritik dari mahasiswa itu juga disambut positif oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya. Menurutnya, PPDB juga memang butuh pengawasan lintas elemen, termasuk masyarakat hingga mahasiswa.

“Saya mendukung teman-teman mahasiswa untuk tetap kritis. Silakan awasi semua PPDB untuk lebih baik ke depannya,” tandas Bima yang juga hadir dalam acara Obsesi Radar Bogor.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto