25 radar bogor

Aksi Solidaritas Warga Rempang, BEM Hukum UIKA Bogor Turun ke Jalan

Puluhan mahasiswa dari BEM Fakultas Hukum UIKA Bogor menggelar aksi solidaritas untuk warga Rempang di Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (20/9). (Radar Bogor/Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor menggelar aksi solidaritas untuk warga Rempang pada Rabu (20/9). Aksi solidaritas di Jalan Jenderal Sudirman itu sempat diwarnai dengan aksi bakar ban.

Puluhan mahasiswa tiba di lokasi sejak pukul 16:30 WIB. Kemudian mereka secara bergantian melakukan orasi.

Baca Juga: Kue Dorayaki Seperempat Abad di Kota Bogor, Buruan Warga Bogor

Di tengah-tengah melakukan orasi, hujan turun. Meski diguyur hujan, mahasiswa tetap melanjutkan orasi hingga melakukan aksi bakar ban.

Setelah itu, aksi solidaritas untuk warga Rempang pun ditutup dengan pembacaan tuntutan, yang disampaikan perwakilan mahasiswa di depan aparat keamanan yang berjaga.

Ketua BEM FH UIKA Bogor, Azmi mengatakan, ada beberapa tuntutan yang ingin disampaikan pihaknya. Diantaranya, mengutuk keras tindakan represifitas yang dilakukan oknum-oknum kepolisian yang terjadi di Pulau Rempang.

Selain itu, mereka menuntut negara Indonesia dapat menindak tegas kasus-kasus HAM yang belum terselesaikan sampai saat ini.

“Yang kami tuntut itu banyak tindakan represifitas, nilai-nilai kemanusiaan di sana itu menurut kami sudah terdegradasi, sehingga harus ditindaklanjuti,” kata Azmi.

Pihaknya menuntut pemerintah dapat menindaklanjuti tuntutan yang disampaikan dalam aksi solidaritas tersebut. Apabila tidak ada perubahan, pihaknya akan terus melakukan aksi turun ke jalan, untuk menyuarakan tuntutan-tuntutan yang sudah disampaikan.

Baca Juga: Heboh! Panglima TNI Perintahkan Prajurit Piting Warga Rempang, Kapuspen Beri Klarifikasi

“Ke depannya kalau misal belum ada perubahan atau tindakan lanjut tentang keadilan hak masyarakat Rempang, terutama yang terkena tindakan represifitas gas air mata dan sebagainya, kita akan terus turun ke jalan,” tukas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto