25 radar bogor

Masuk Pekan ke-23, Proyek Jembatan Otista Sudah Mencapai 48 Persen

Pekerja melintas di proyek pergantian Jembatan Otista yang kini sudah memasuki minggu ke-20, Senin (4/9). (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Proyek pergantian Jembatan Otista terus dikebut. Saat ini proyek itu sudah berjalan selama 23 minggu. Beberapa pekerjaan fondasi jembatan utama masih menjadi fokus para pekerja.

Baca Juga : Balok Girder Jembatan Otista Segera Tiba, Area Kerja Bakal Diperluas

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan, para pekerja saat ini masih akan menyelesaikan 3 bor pile lagi. Setelah pekerjaan itu beres maka para pekerja akan melakukan pengecoran pile cap.

“Untuk target minggu depannya, kami akan melakukan pengecoran dinding Jembatan Otista atau abutment,” ujarnya pada Selasa (19/9/2023).

Saat ini proyek pergantian Jembatan Otista sudah mencapai progres 48 persen. Capaian ini masih melebihi yang ditargetkan di pekan ini yaitu 40 persen, sehingga masih ada deviasi positif 8 persen.

Selanjutnya, pada awal Oktober nanti para pekerja akan mulai mengadakan erection girder atau pemasangan balok girder jembatan. Rena menyebut, jika balok girder sudah terpasang maka progres proyek ini dapat mencapai 80 persen.

Sebelumnya, Rena menerangkan ada total 14 balok girder yang akan dipasang sebagai penyambung Jembatan Otista. “Jumlah itu dibagi menjadi 8 balok di sisi Baranangsiang dan 6 balok di sisi Warung Bogor,” tuturnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep