radar bogor

Dorong Produktivitas Ayam KUB di Desa Benteng, Mahasiswa IPB Lakukan Ini

Ayam KUB

BOGOR-RADAR BOGOR, Dalam rangka meningkatkan produktivitas ayam KUB (Kampung Unggulan Balitbangtan) di Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, mahasiswa IPB melakukan penyuluhan terkait pemeliharaan ayam KUB.

Baca Juga : Minta Jalan Tol ke Jokowi, Rektor IPB: Supaya Mahasiswa Tidak Telat

Kegiatan penyuluhan ayan KUB ini bertempat di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) RW 4 Desa Benteng. Pada kegiatan ini juga turut dihadiri Dosen Fakultas Peternakan IPB Lanjarsih, S. Pt., M. M. sebagai narasumber ahli yang memberikan materi terkait pemeliharaan ayam KUB.

Pada saat penyampaian materi, Lanjarsih, S. Pt., M. M. mengatakan, dalam masa starter yaitu 0 sampai 6 minggu awal merupakan masa-masa yang penting untuk pertumbuhan ayam KUB. “Ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kandang harus disemprot dengan desinfektan dan suhu kandang harus hangat sekitar 32°C-33°C, penghangat kandang dapat dilakukan dengan meletakan lampu di kandang dan jangan sampai selama 2 minggu,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan mengenai ciri-ciri ayam KUB yang sehat, sistem pemeliharaan ayam KUB, pola pemberian pakan pada fase starter, grower dan finisher.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah para peternak ayam KUB di Desa Benteng, sebelumnya para peternak tersebut mengalami kerugian karena banyak ayam KUB yang mereka ternak memiliki bobot berat badan tidak mencapai target yang diinginkan, selain itu juga banyak ayam KUB yang mati sebelum mencapai masa panen ayam KUB.

Oleh karena permasalahan tersebut mahasiswa IPB yang tergabung dalam Tim Pelaksana PPK Ormawa DPM FEM mencoba mencarikan solusi mengenai permasalahan tersebut sekaligus berupaya mendorong produktivitas ayam KUB di Desa Benteng.

Kegiatan ini mendapatkan respon yang baik dari para peserta, salah satunya yaitu Ramdan, selaku ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) ayam KUB yang datang pada kegiatan tersebut.

“Kami merasa senang dengan adanya kegiatan ini, permasalahan yang kami hadapi selama ini setidaknya sudah ada gambaran bagaimana cara mengatasinya, kami yang dulu beternak hanya asal beternak saja sekarang sudah mendapat ilmu bagaimana cara beternak ayam KUB dengan baik,” ujarnya.

Baca Juga : Ribuan Mahasiswa IPB Dapat Bocoran Kunci Sukses Jadi Pengusaha dari Alumni

Tidak hanya sampai disitu, setelah acara penyuluhan ini untuk tetap konsisten dalam mendorong produktivitas ayam KUB di Desa Benteng para mahasiswa IPB akan tetap membersama para peternak untuk menuntaskan masalah yang ada.

“Rencananya kami Tim PPK Ormawa DPM FEM akan tetap membersamai dalam pembuatan kandang yang sesuai dengan kebutuhan ayam KUB, dan pembuatan pakan yang dapat dihasilkan dari bahan-bahan sekitar,” tutur Ade Dermawan Maulana, penanggung jawab kegiatan tersebut. (*)

Editor : Yosep