25 radar bogor

Ganjar Pranowo Pertimbangkan Menteri PUPR dan Menkeu Jadi Cawapresnya di 2024

ganjar pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo telah mengerucut menjadi 5 nama. Hal ini disebutkan langsung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Walaupun begitu, peluang bagi nama lain diluar kelima nama tersebut masih terbuka lebar.

Baca Juga: Buntut Kasus Dugaan Hina Jokowi, Rocky Gerung Kerap Dapat Teror hingga Persekusi

Menurut Saidiman Ahmad peneliti Saiful Mujan Research and Consulting (SMRC) mengatakan, Basuki Hadimulhono (Menteri PUPR) dan Sri Mulyani (Menteri Keuangan) bisa menjadi alternatif cawapres Ganjar Pranowo.

“Ganjar Pranowo cukup leluasa memilih Bacawapres karena partai utama pendukungnya, PDI Perjuangan, bisa mengajukan calon tanpa dukungan partai lain. Karena itu, pertimbangan kecukupan partai pendukung tidak begitu dibutuhkan untuk memilih Bacawapres,” ujar Saidiman kepada wartawan, Senin (11/9/2023).

Ganjar Pranowo bisa menentukan calon wakilnya berdasarkan rekam jejak, tambah Saidiman. Nama Basuki dan Sri Mulyani bisa menjadi pertimbangan untuk masuk dalam bursa Cawapresnya.

“Ganjar bisa menentukan calon pendamping dengan kriteria profesionalitas atau rekam jejak sang calon. Di sini tokoh profesional dengan rekam jejak bagus seperti Sri Mulyani atau Basuki Hadimuljono menjadi mungkin masuk dalam bursa bacawapres Ganjar,” kata Saidiman.

Alasan munculnya nama Basuki dan Sri Mulyani sebagai Cawapres Ganjar Pranowo karena keduanya memiliki cukup pengalaman di pemerintahan. Hal tersebut membantu Ganjar Pranowo dalam menjalankan pemerintahan jika kelak menjadi Presiden RI 2024-2029.

“Saya melihat secara objektif keduanya bagus untuk mempertajam kerja-kerja teknokratis pemerintahan nanti,” ucap Saidiman.

Sementara itu, Direktur eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya berfikir sama. Menurutnya, Basuki dan Sri Mulyani adalah 2 sosok yang tepat untuk melambangkan keberlanjutan presiden Joko Widodo, sesuatu yang seringkali digaungkan oleh Ganjar

“Kalau bicara keberlanjutan Jokowi, harusnya bursa Cawapres diisi oleh Basuki Hadimuljono dan Sri Mulyani.” ujar Yunarto.

Baca Juga: Dinilai Cocok Gantikan Jokowi, Relawan Ganda Deklarasi Ganjar-Andika Praksa

Sebelumunya, Basuki Hadimuljono memang telah masuk ke dalam bursa calon wakil presiden di internal PDIP untuk dampingi Ganjar Pranowo. Sekretaris Jendral PDIP, Hasto juga memuji kinerja Basuki yang ia anggap sangat positif dan banyak daerah yang mengalami kemajuan infrastruktur di bawah Basuki

“Karena Beliau, ada dari daerah-daerah Aceh mengalami kemajuan, Papua mengalami kemajuan, Sumatera, Palembang mengalami kemajuan karena pembangunan infrastruktur. Kemudian, NTT mengalami kemajuan,” ujar Hasto.(jpg)

Editor: Yosep / Nova-PKL