25 radar bogor

BRI Cabang Cibinong Salurkan Ratusan Bibit Pohon Program BRI Menanam

BRI
BRI cabang Cibinong salurkan 220 bibit pohon ke dua desa yakni Desa Tarikolot, Kecamatan Citeureup dan Desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede.

BOJONGGEDE-RADAR BOGOR, Sebagai bank yang memiliki fokus kepada segmen usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), peran BRI tidak terbatas sebagai lembaga intermediary keuangan.

Baca Juga : BRI Cabang Cibinong Serahkan Bantuan BRI Peduli TJSL untuk Ponpes

BRI juga memiliki fokus terhadap pemberdayaan pelaku UMKM dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan (LST) yang baik atau dikenal dengan prinsip implementasi Environtmental, Social & Governance (ESG).

BRI mengkolaborasikan pemberdayaan UMKM sebagai strategi terdepan dalam menciptakan bisnis Bank BRI yang berkelanjutan dan memiliki visi untuk menjadi pionir dalam mengimplementasikan konsep ESG dengan pemberdayaan UMKM melalui aktivitas program BRI Menanam.

Melalui BRI cabang Cibinong ada 220 bibit pohon yang disalurkan ke dua desa yakni Desa Tarikolot, Kecamatam Citeureup dan desa Bojonggede, Kecamatan Bojonggede. Kegiatan dilaksanakan akhir pekan lalu di Tarikolot, Citeureup dan Senin (11/9/2023) di Desa Bojonggede, Bojonggede masing-masing desa 110 bibit pohon.

Manajer Bisnis Mikro, Jhun Freddy Tulus Nababan yang mewakili pimpinan BRI Cabang Cibinong, mengatakan, kegiatan penanaman pohon yang di laksanakan di Desa merupakan bagian dari program CSR Bank BRI yang bertujuan untuk mengurangi emisi karbon, dan diutamakan untuk menanam pohon – pohon yang produktif.

Program BRI Menanam merupakan bagian dari implementasi konsep ESG yang dilakukan oleh Bank BRI terutama sebagai aksi nyata Bank BRI merawat lingkungan dengan melibatkan desa-desa binaan BRI yang tergabung dalam program Desa Brilian. Aktivitas BRI Menanam yang dilakukan di Desa Brilian difokuskan dengan menanam tanaman keras produktif baik menghasilkan buah-buahan maupun
tanaman keras lainnya.

Penanaman dilakukan di lahan – lahan umum yang terdapat di desa (seperti sempadan sungai, bahu jalan atau tanah milik desa) dan lahan-lahan pribadi milik nasabah baik berupa kebun maupun pekarangan rumah.Penanaman bibit tanaman produktif di lingkungan Desa Brilian selain diharapkan memberikan efek terhadap pelestarian lingkungan, juga diharapkan dapat menjadi produk unggulan.

Sementara, Kepala Desa Tarikolot Citeureup, Kurniawan, mengucapkan terimakasih kepada Bank BRI yang merupakan bagian dari BUMN, yang sudah menyalurkan bantuan CSR nya ke Desa Tarik kolot berupa pohon produktif yang akan dibagikan kepada warga.

“Hari ini kami mendapat bibit pohon produktif yang akan dibagikan kepa yang ada di Desa Tarikolot. Saya berpesan untuk para pegiat lingkungan agar menjaga pohon produktif ini dengan baik, sehingga satu tahun kedepan kita sudah bisa menikmati hasilnya,” papar Kurniawan.

Baca Juga : Kredit Mikro Tumbuh 11,41%, BRI Makin Tangguh. Cetak Laba Rp29,56 T

Tidak berbeda dengan Kurniawan, Kepala Desa Bojonggede, Dede Malvina menyampaikan hal yang sama, mengucapkan terima kasih kepada BRI yang sudah memberikan bantuan bibit pohon. Harapannya kedepannya bisa terus berkelanjutan. Semoga kerjasama dengan BRI ini bisa berlanjut. Semoga ini awal dari pembuka untuk kegiatan-kegiatan lain yang ada di Desa Tarikolot.

“Saya berharap dengan BRI kerjasama ini bisa berkelanjutan dengan program desa yang lain, dimana untuk saat ini desa masih konsen dalam bidang penataan lingkungan terutama sampah,” jelas Dede Malvina. (mer)

Editor : Yosep