radar bogor

Pekan Depan, Balita Penderita Hispospadia asal Kota Bogor Jalani Operasi

Penderita Hispospadia
Bocah asal Kota Bogor, berinisial MZAH penderita hispospadia.

BOGOR-RADAR BOGOR, Balita penderita hispospadia asal Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, bakal menjalani operasi atau penanganan medis.

Hal itu diungkapkan orang tua balita, Salam Hermawan. Ia membenarkan, anaknya bakal menjalani operasi di Rumah Sakit yang ada di Jakarta pada Senin (11/9).

Baca Juga: Setahun Pengobatan Terkatung-katung, Kadinkes Janji Mediasi Balita Penderita Hispospadia

“Alhamdulillah berkat ikhtiar kita, anak kami pagi ini, hari Jumat 8 September 2023, mendapatkan panggilan dari rumah sakit untuk dilakukan tindakan,” kata Salam, Jumat (8/9).

Menurut Salam, saat ini,langkah yang dilakukan sebelum anaknya menjalani operasi, yakni melakukan proses pengambilan darah dan urin serta rontgen.

“Tindakan sebelum operasi sudah kita lakukan. Dan status kini menunggu ketersediaan kamar dan akan segera diinformasikan. Untuk tindakan operasi sendiri Insyaallah dilakukan hari Senin 11 September 2023,” tukas dia.

Sebelumnya, warga Pagentongan ini hanya bisa pasrah dengan kondisi anaknya yang tengah sakit. Keluarganya pun membutuhkan bantuan untuk perobatan anaknya yang menderita penyakit hispospadia.

Setelah satu tahun menjalani pengobatan sana-sini, balita yang saat ini berusia 34 bulan kondisinya belum juga tertangani.

Baca Juga: Bolak-balik Berobat ke Rumah Sakit, Balita Pengidap Hernia Butuh Uluran Tangan

Akibat hispospadia diderita sejak usia 22 bulan yang belum tertangani, balita itu didiagnosis mengidap penyakit hernia.

“Sudah setahun saya tidak punya bantuan dari mana pun. Kita berjuang sendiri istilahnya. Tidak ada yang mau tanggung jawab. Yaudahlah, kita coba saja (lewat BPJS), kita menjalani, karena ini sudah menambah diagnosis baru karena efek dari situ (pengobatan rumah sakit) juga,” tukas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto