25 radar bogor

Keren, Mahasiswa IUQI Bogor Jadi Best Delegate di Konferensi Diplomasi Filipina

IUQI

BOGOR-RADAR BOGOR, Maulita septiani, mahasiswa semester delapan Institut Ummul Quro Al-Islami atau IUQI Bogor, mendapatkan penghargaan sebagai delegasi terbaik dalam acara konferensi diplomasi di Manila Filipina.

Baca Juga : Rektor IUQI Bogor Lepas Mahasiswa KKM ke Malaysia

Setelah melewati tahap seleksi yang sangat ketat, IUQI Bogor memilih tiga mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti konferensi diplomasi yang diselenggarakan organisasi Sakola Kita, sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan, pengembangan pemuda serta kepemimpinan.

Kegiatan Sakola Diplomasi Batch one Manila edition ini, diikuti oleh 30 total peserta yang telah mengikuti tahap seleksi berkas dan wawancara yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia juga perguruan tinggi ternama seperti Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Muhamadiyah Malang, juga beberapa perguruan tingga lainnya.

Sebelum keberangkatan menuju Manila Filipina, para peserta terpilih menjalani program mentoring secara online dengan berbagai materi menarik, seperti The Practice of People-to-People Diplomacy of Indonesian Youth, Establishing A Wonderful of Indonesia Cultural Exhibition, How to Build Ideal and Sustainable Youth Project juga How to Win and Influence People Through Presentation and Publik Speaking, yang diisi oleh para narasumber sangat luar biasa juga expert dalam bidangnya.

Setelah memperoleh banyak ilmu saat program mentoring, para peserta kemudian berkesempatan untuk mengimplementasikan teori yang didapatkan dengan menyambangi kota Manila di Filipina yang berlangsung selama satu pekan.

Kegiatan ini berisi berbagai macam agenda yang berkaitan dengan diplomasi, diantaranya konferensi diplomasi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Filipina yang dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo, juga para staff KBRI lainnya.

Tak hanya itu, para peserta juga mengadakan kegiatan Youth Cultural Exhibition in Manila Filipina untuk mengenalkan ragam budaya juga kekayaan akan bangsa Indonesia baik dari makanan, budaya maupun pakaiannya.

Setelah satu pekan berlalu, dalam kegiatan farewell party panitia menobatkan Maulita Septiani, salah satu mahasiswa delegasi IUQI Bogor sebagai penerima penghargaan Best Delegate dari seluruh peserta lainnya.

Menurut Solahudin, founder dan leader kegiatan sakola ini menyebutkan bahwasannya beberapa indikator untuk menjadi seorang best delegate di antaranya aktif dan berpartisipasi selama kegiatan, aktif dalam mengisi absensi dan feedback training serta mencoba memahami people to peole diplomacy.

Selain itu, memiliki skill komunikasi, diplomasi dan leadership yang baik serta mempresentasikan delegasi Indoensia serta mampu mempromosikan budaya Indonesia sebagai wujud implementasi people to people diplomacy.

Baca Juga : Bantu Desa Wisata Purwabakti, KKM IUQI Kelompok 7 Gelar Seminar

Tentunya Maulita sangat bersyukur, senang dan merasa tidak menyangka mendapatkan penghargaan tersebut karena ini kali pertama ia mengikuti program internasional dan mampu bersaing dengan peserta lainnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur dan bahagia bisa mendapatkan prestasi tersebut, bukan hanya untuk diri sendiri, tapi untuk Indonesia dan Kampus Institut Ummul Quro Al-Islami yang telah memberikan saya kesempatan untuk selalu tumbuh dan berkembang. Semoga pencapaian ini dapat menginspirasi para pelajar lainnya,” ucap Maulita. (*)

Editor : Yosep