25 radar bogor

Konser West Java Festival 2023, Ridwan Kamil Berlinang Air Mata

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil [ada pembukaan konser West Java Festival 2023, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Minggu (3/9/2023) malam.

BANDUNG-RADAR BOGOR, Momen haru mewarnai pembukaan konser West Java Festival 2023, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Minggu (3/9/2023) malam. Ridwan Kamil tak kuasa menahan air mata saat menyampaikan capaian kinerja selama menjabat Gubernur Jawa Barat.

Baca Juga : Lantik Iwan Setiawan Jadi Bupati Bogor, Ini Pesan Ridwan Kamil

Dalam lima tahun masa jabatannya, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil— didera banyak cobaan besar. Di antaranya kehilangan sang putra, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

“Ditinggalkan anak lelaki saya, adalah ujian terbesar yang pernah saya lalui. Tapi berkat doa rakyat, dengan tekad kuat, walaupun Covid melanda, walaupun Eril tidak ada, provinsi ini adalah provinsi terbaik di Indonesia,” tegas Kang Emil disambut riuh tepuk tangan ribuan penonton.

Dukungan dari penonton rupanya berhasil membakar kembali semangat Ridwan Kamil. Dia kemudian membalas dukungan semangat itu dengan mengajak penonton berteriak bersahutan ‘Jabar Juara’. ‘Jabar.. Juara, Jabar.. Juara, Jabar… Juara,” teriak Kang Emil diikuti penonton.

Ridwan Kamil dalam sambutannya juga menyampaikan program Satu Desa Satu Hafidz (Sadesha) berjalan optimal dengan menghasilkan 5.213 penghafal Al-Qur’an di Jabar. Kemudian program One Pesantren One Product (OPOP) yang membantu 5.018 pesantren untuk memiliki usaha.

Lalu program pengentasan kemiskinan, Kang Emil menyebut Kredit Mesra telah membantu ribuan warga terhindar dari rentenir. Itu didukung dengan program-program unggulan lainnya seperti Gerbang Desa dan Desa Digital.

“Di desa lahir 2.400 CEO BUMDes juara, sudah mewisuda 5.300 petani milenial, anak kota yang kembali di desa, jualan online dsn sebagainya dengan semangat tinggal dimana saja, rejeki kota, bisnis mendunia,” ujar Kang Emil.

Dia mengungkapkan, Pemprov Jabar telah membangun berbagai insfrastruktur dan ruang publik untuk meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat. Yakni 30 alun-alun yang tersebar di kota dan kabupaten di Jabar. Kang Emil juga menyebut Masjid Al Jabbar masuk kategori masjid terindah di dunia.

Baca Juga : Hadiri Pembukaan Bogor Fest 2023, Ridwan Kamil : Festival Keren

“Surat masuk dari dari Arab Saudi yang menominasikan Masjid Al Jabbar, masjid terindah di dunia 2023, mohon doanya mudah-mudahan karya anak bangsa bisa membanggakan, terbaik di dunia,” ucapnya.
Soal prestasi, tercatat ada 555 penghargaan dalam kurun waktu lima tahun di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

“Terima kasih warga Jabar sudah mempercayakan saya. Saya mohon maaf, seorang pemimpin pasti banyak khilaf, saya paham tidak semua bisa sukses. Jabar Juara,” pamit Kang Emil yang malam itu mengenakan kaus kuning bertuliskan ‘Nuhun Warga Jabar’. (ric/*)

Editor : Yosep