radar bogor

Tim PPK Ormawa DPM FEM IPB Latih Warga Membuat Pestisida Nabati

IPB
Pembuatan pestisida nabati oleh Tim PPK Ormawa di Kavling Melati RW 01, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, dan dihadiri oleh para warga dari RW 01 Desa Benteng.

BOGOR-RADAR BOGOR, Tim PPK Ormawa DPM FEM IPB telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Pojok Literasi Sekolah Pelatihan dan Pemeliharaan Tanaman Hias (SELARAS) selama dua hari berturut-turut 26-27 Agustus 2023.

Baca Juga : Bersih-bersih Situ Gede, Mahasiswa IPB University Kumpulkan 65 Kg Sampah

Kegiatan ini dilaksanakan di Kavling Melati RW 01, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, dan dihadiri oleh para warga dari RW 01 Desa Benteng.

Dalam rangkaian acara tersebut, terdapat serangkaian kegiatan menarik, termasuk pembuatan pestisida nabati yang dipandu oleh Wibiyan Ardiansyah, serta demonstrasi perbanyakan tanaman hias oleh Adrian Zulwi Ramdani, S.P., seorang ahli di bidang tanaman hias.

Pada hari pertama, warga antusias untuk belajar tentang pembuatan pestisida nabati dengan menggunakan bahan dasar daun tanaman pepaya. Wibiyan dari Tim PPK Ormawa DPM FEM IPB memberikan panduan mulai dari pembuatan hingga cara pengaplikasian pestisida nabati untuk mengendalikan hama tanaman secara alami.

Pada hari kedua, fokus beralih kepada perbanyakan tanaman hias jenis sukulen. Para warga aktif mengikuti pembelajaran yang dipandu oleh Adrian Zulwi Ramdani, S.P., seorang ahli dalam bidang tanaman hias. Dalam sesi ini, dipaparkan materi terkait teknik penanaman dan perawatan tanaman sukulen secara praktis yang bertujuan untuk meningkatkan hasil budidaya tanaman hias warga.

Kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga dalam praktek pertanian modern, tetapi juga mengedukasi tentang pendekatan ramah lingkungan dalam budidaya tanaman. Tim PPK Ormawa DPM FEM IPB memberikan bimbingan dalam pembuatan pestisida nabati, sebagai alternatif yang lebih aman dan berkelanjutan dalam pengendalian tanaman.

Selain itu, perbanyakan tanaman menjadi fokus dengan diajarkannya teknik penanaman dan perawatan yang tepat untuk meningkatkan hasil budidaya tanaman hias kepada warga.

Kegiatan kolaboratif ini juga memberikan dampak positif bagi dua belah pihak baik dari mahasiswa dan juga warga kelompok tani tanaman hias RW 01 Desa Benteng.

“Alhamdulillah, kami bisa bertemu dengan adik-adik dari IPB, sehingga kita mendapat ilmu dan bisa menambah wawasan dengan mencoba menanam tanaman sukulen,” ujar Yanti, warga RW 01 Desa Benteng.

Fauzi Azwin Hadis, anggota Tim PPK Ormawa DPM FEM IPB berharap, kedepannya kegiatan ini harus terus berlanjut dan semakin melibatkan banyak komunitas lokal untuk mengembangkan potensi pertanian berkelanjutan, khususnya tanaman hias.

Baca Juga : Tim PPK Ormawa DPM FEM IPB Dorong Pembudidayaan Tanaman Hias di Desa Benteng

Semangat nyata dalam memajukan sektor pertanian dan lingkungan di wilayah Kabupaten Bogor dibuktikan dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat.

Dengan kolaborasi yang erat antara Tim PPK Ormawa DPM FEM IPB dengan warga kelompok tani tanaman hias RW 01 Desa Benteng, diharapkan dapat membentuk pola pikir dan praktek yang mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, pelestarian lingkungan, serta pertanian secara berkelanjutan. (*)

Editor : Yosep