25 radar bogor

Kolaborasi dengan Perpusnas, Perpusda Kota Bogor Gelar Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

Suasana Perpustakaan Kota Bogor. Mulai besok Perpustakaan Kota Bogor buka akhir pekan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Perpustakaan Daerah Kota Bogor berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional menggelar sejumlah kegiatan yang terangkum dalam event Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM).

Di tahun ini PILM mengusung tema Literasi Merdeka: Membaca Keren, Menulis Ngetren. Tema tersebut mengedepankan peran literasi bagi Gen Z menuju Indonesia emas tahun 2045 mendatang.

Baca Juga: Perpustakaan Kota Bogor Bakal Punya Galeri Baru, Dinamai Bumi Parawira

Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando menjelaskan kolaborasi tersebut merupakan upaya pendekatan diri perpustakaan kepada masyarakat. Sebab menurutnya, saat ini perpustakaan harus membuka diri tidak lagi birokratif dan tertutup, melainkan harus melompat pada masyarakat.

Event ini disebutnya bertujuan untuk memberikan layanan literasi bagi masyarakat. Ia berharap melalui kegiatan ini mereka dapat mengetahui ilmu pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan tahu mengenai hal itu maka akan mempermudah perpustakaan mentransfer ilmu yang dibutuhkan.

“Perpusnas tidak boleh jadi menara gading harus terjun ke masyarakat. Alhamdulillah Wali Kota mau bekerja sama dengan kami melaksanakan program sinergitas melibatkan seluruh komponen masyarakat,” ujarnya.

Event PILM diisi dengan kegiatan lomba mendongeng tingkat SD, lomba perpustakaan SD, pelatihan, dan lomba mendongeng bunda literasi Kelurahan. Puncak acara ini berlangsung pada Selasa (29/8) rangkaian kegiatannya antara lain talkshow, bedah buku difabel, story telling, lomba sketsa. 

Event ini juga dimeriahkan oleh booth buku literasi merdeka yang berlangsung selama 2 hari yakni pada 28-29 Agustus 2023.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengapresiasi langkah kolaborasi ini. Dirinya berharap kegiatan-kegiatan yang digelar dan kolaborasi yang terjalin bisa menjadi terobosan informasi nagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Gen Z Berperan Dalam Literasi, Begini Caranya

“Semoga karya-karya yang sudah dihasilkan bangsa kita bisa tertulis atau terekam dan terdistribusi dengan baik. Saya ingin ketertinggalan bangsa in bisa dikejar oleh Gen Z yang ke depan akan menjadi pemimpin masa depan,” terang dia. (*)

Reporter: Reka Faturachman

Editor: Imam Rahmanto