25 radar bogor

Resmi, Tarif LRT Jabodebek Cuma Rp5.000 Sampai Akhir September 2023

LRT Jabodebek
LRT Jabodebek (Radar Bogor/Rivaldi)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tarif LRT Jabodebek untuk semua rute resmi ditetapkan hanya Rp5.000. Harga promo ini berlaku sebulan terhitung mulai hari ini hingga akhir September 2023.

Baca Juga : Catat, Ini 18 Stasiun yang Layani LRT Jabodebek Mulai Besok

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, tarif promo Rp5.000 merupakan diskon yang diberi pemerintah sebesar 78 persen.

“Tarif promo ini kami berikan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78, serta untuk memperkenalkan LRT Jabodebek kepada masyarakat,” kata Adita dalam keterangan resmi, Senin (28/8/2023).

Dia memastikan, pemberian diskon ini tanpa syarat. Pasalnya, melalui pemberian tarif promo LRT Jabodebek ini, diharapkan akan mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal ketimbang kendaraan pribadi.

Sebagai informasi, tarif LRT Jabodebek sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan mengalami penambahan sebesar Rp700 per Km selanjutnya.

“Pemerintah memberikan subsidi PSO dengan membiayai selisih dari biaya yang diusulkan oleh operator LRT Jabodebek, agar biayanya lebih terjangkau bagi masyarakat banyak, Tarif yang telah ditetapkan ini telah dikaji tim independen Polar UI dan PWC bersama Operator dan Kementerian Perhubungan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan untuk memberi diskon Tarif LRT Jabodebek sebesar 78 persen disesuaikan dengan usia Kemerdekaan RI.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Mohamad Risal Wasal mengusulkan tarif LRT Jabodebek menjadi hanya Rp5.000 sampai September 2023 mendatang.

Baca Juga : Satu Bulan Pertama LRT Jabodebek Berlakukan Tarif Khusus

Untuk diketahui, tarif LRT Jabodebek untuk rute terjauh dari Stasiun Harjamukti – Stasiun Jatimulya ditetapkan sebesar Rp27.400. Untuk diketahui, tarif tersebut telah mendapatkan subsidi atau atau public service obligation (PSO) sebesar 37 persen atau Rp16.523.

Adapun tarif asli dari operator untuk LRT Jabodebek rute Stasiun Harjamukti – Stasiun Jatimulya sebesar Rp43.923 per satu kali perjalanan. Sehingga dengan ditetapkannya tarif LRT Jabodebek Rp 5.000 selama sebulan, maka subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk setiap penumpang maksimal sebesar Rp 38.923 per orang. (jpg)

Editor : Yosep