25 radar bogor

Buka Wacana Larangan Haji Lebih dari Sekali, Ini Kata Menko PMK

Ilustrasi larangan haji lebih dari sekali
Ilustrasi larangan haji lebih dari sekali

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah melalui Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Muhadjir Effendy, melontarkan wacana larangan haji lebih dari sekali.

Baca Juga : Angka Kematian Jemaah Tinggi, Syarat Berangkat Haji Mulai 2024 Diperketat 

Wacana larangan haji lebih dari sekali ini kata dia, memungkinkan untuk memotong antrean keberangkatan haji Indonesia yang terlalu panjang.

Menurutnya, sudah saatnya wacana itu diterapkan karena sudah termasuk sangat lama masa tunggu haji di Indonesia bagi calon jemaah lain yang belum dapat kesempatan.

Maka dari itu ada baiknya jemahah lain yang sudah pergi ke Tanah Suci Mekkah dapat memberikan kesempatan bagi mereka yang belum pernah berangkat.

“Peminat haji di Indonesia itu luar biasa, banyak sekali,” ucap Muhadjir saat ditemui di kantor Kemenko PMK, di Jakarta pada Minggu (27/8/2023).

“Kalau tidak ada kebijakan melarang mereka yang sudah haji, untuk berkali-kali, maka peluang untuk yang lain yang belum berangkat bisa berhaji itu kecil,” sambungnya.

Muhadjir juga berpandangan bahwa risiko berhaji juga semakin besar saat calon jemaah usianya sudah bertambah drastis.

“Kemudian masa tunggunya juga lama, semakin lama yang berangkat haji semakin, berumur, semakin tua, dan itu berisiko,” tuturnya.

Lebih lanjut Muhadjir mengatakan, jika ulama juga sudah sepakat dengan wacana larangan haji lebih dari sekali dan diwajibkan satu kali seumur hidup.

Baca Juga : Petugas Haji Meninggal Saat Tugas, Menag Yaqut Serahkan Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ke depannya sudah harus menjadi prioritas bagi mereka yang belum berangkat haji. “Jadi ulama sepakat bahwa haji itu kewajibannya hanya sekali seumur hidup” paparnya.

“Kemudian untuk berikutnya orang lain orang yang belum hajilah yang lebih berhak untuk naik haji dibanding mereka yang sudah naik haji,” tambah Muhadjir. (net/dis)

Editor :Yosep