25 radar bogor

BMKG Sebut Hujan di Wilayah Jabodetabek Hasil Modifikasi Cuaca

Hujan di Bogor
Hujan di wilayah Jabodetabek disebut BMKG hasil modifikasi cuaca.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wilayah Bogor, Depok, Tangerang Selatan, hingga Jakarta Selatan, diguyur hujan pada Minggu (27/8/2023) sore. Hujan tersebut menurut BMKG merupakan hasil modifikasi cuaca sebagai bagian dari langkah mengatasi persoalan polusi udara.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Bogor Senin 28 Agustus 2023, Sore Hujan Lagi

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kepala BMKG Dwikorita. Dia menyebut saat ini Indonesia masih musim kemarau, sehingga hujan yang turun merupakan rekayasa cuaca.

“Hujan turun karena sedang dilakukan penerapan teknologi modifikasi cuaca (TMC),” kata Kepala BMKG Dwikorita Minggu (27/8/2023).

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto juga menyebut bahwa rekayasa cuaca yang dilakukan hasil kerja sama antara BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU.

“Rekayasa cuaca yang dimaksud adalah dengan mempercepat potensi pertumbuhan awan hujan menjadi hujan dengan disemai dengan bubuk garam NaCl. TMC ini hasil kerja sama BMKG, BRIN, BNPB, dan TNI AU,” jelasnya.

Dia memastikan, modifikasi cuaca ini sebagai salah satu langkah untuk mengatasi polusi udara di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Untuk diketahui, sejumlah wilayah seperti Bogor, Depok, Tangerang Selatan, dan Jakarta Selatan diguyur hujan Minggu (27/8/2023) sejak 18.30 WIB. Hujan tersebut berintensitas sedang hingga lebat.

Baca Juga : Hujan Deras Baru Guyur Kota Bogor, Dua Pohon Sudah Tumbang

Selain itu, pada pukul 19.05 WIB, dilaporkan hujan makin deras di kawasan Tangsel. Sedangkan di Kota Depok, dilaporkan hujan turun di kawasan Sukmajaya, Cilodong.

Sementara itu, hujan di Kota Bogor terjadi sejak sekitar pukul 16.00 WIB. Hujan deras disertai angin kencang. Sejumlah titik di Kabupaten Bogor juga diguyur hujan, yakni bagian selatan seperti Ciomas, Tamansari, Ciawi. (net/dtk)

Editor : Yosep