25 radar bogor

Rakernas Peradi-SAI, Fokus Penegakan Hukum di Era Transformasi Digital

Peradi

MAKASSAR-RADAR BOGOR, Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI) berupaya menjadi organisasi advokat pelopor dan terdepan dalam era teknologi informasi.

Baca Juga : Gelar Rakernas, PERADI SAI Bahas Transformasi Digital Organisasi Advokat

Peradi-SAI menyelenggarakan rangkaian kegiatan Rakernas 2023, bertema “Transformasi Digital Organisasi Advokat yang Inklusif dan Berkelanjutan” selama tiga hari berturut-turut, yaitu (25-27/8), di Hotel Claro, Makassar.

“Tema ini kami ambil sebagai bentuk keseriusan dan kepedulian kami, terhadap penegakan hukum di era digital,” kata, Ketua Panitia Pengarah Rakernas, Andi F Simangungsong dalam keterangan resminya, Minggu (27/8/2023).

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua DPC Peradi-SAI Makassar, Syahrir Cakkari dalam laporannya menyampaikan, selain rakernas pihaknya juga menggelar seminar nasional dengan tema “Tindak Pidana Pemilu dan Berita Bohong”.

Seminar tersebut diisi oleh empat narasumber kompeten di bidangnya, yakni Hamdan Zoelva sebagai praktisi hukum, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi RI Rahmat Bagja.

Kemudian, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Hamzah Halim, Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Hasanuddin, dan Zet Tadung Allo Wakajati Sulawesi Selatan.

Ketua Umum Peradi-SAI, Juniver Girsang mengatakan perkembangan dan pemanfaatan teknologi digital merupakan sebuah keniscayaan.

“Oleh karena itu, di tengah gerak hukum yang kian dinamis, penguasaan teknologi menjadi kunci para advokat untuk meningkatkan diri dan beradaptasi, semata demi mewujudkan pelayanan maksimal kepada para pencari keadilan,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Peradi-SAI.

“Pemerintah menyambut baik inisiatif Peradi-SAI yang mengambil tema yang sangat relevan saat ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi semuanya,” tutup dia. (ded)

Editor : Yosep