25 radar bogor

Baru! Taman Tanah Sareal Punya Agro Eduwisata hingga Mini Zoo

Taman Tanah Sareal di Jalan Sholeh Iskandar, Kelurahan Kedungbadak resmi dibuka, Minggu (27/8). (Radar Bogor/Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Taman Tanah Sareal di Jalan Sholeh Iskandar, Kelurahan Kedungbadak resmi dibuka, Minggu (27/8). Taman ini diklaim menjadi salah satu tempat Agro Eduwisata yang ramah bagi anak-anak.

Salah satu Invest Lapangan Panahan dan Berkuda Deswaty Diningsih mengatakan, Taman Tanah Sareal bakal menjadi lokasi wisata baru yang ada di Kota Bogor. Luas lahan Taman Tanah Sareal mencapai 7,3 hektare.

Baca Juga: Ratusan Santriwati di Tamansari Keracunan Diduga Terpapar Zat Kimia

Konsep utama keberadaan Taman Tanah Sareal adalah untuk memberi ruang anak-anak agar tidak terpaku pada gawai dengan bermain di ruang outdoor yang luas, asri, dan menyenangkan.

“Di sini ada tanaman buah-buahan, sayuran, dan akan menjadi edukasi untuk anak-anak, supaya anak-anak mencintai alam dan lebih banyak tahu tentang alam,” kata Deswaty.

Menurut dia, anak-anak bisa mendapatkan pembelajaran bagaimana cara bercocok tanam, apa manfaat tanaman yang selama ini selalu dikonsumsi, baik untuk ketahanan pangan atau obat-obatan.

“Anak-anak bisa belajar panahan, berkuda, permainan olahraga di outdor ini bisa menginspirasi anak-anak, anak-anak muda, remaja agar memberikan jiwa yang sehat, dan raga yang kuat. Tidak mudah terpengaruh dari hal-hal yang tidak baik,” ucap Deswaty yang juga Ketua APSAI Bogor.

Owner sekaligus Direktur Taman Tanah Sareal Septy Diana menjelaskan, taman ini sendiri akan merangkum beberapa spot wisata. Termasuk, pusat kuliner yang memfasilitasi para pelaku usaha hingga UMKM.

“Ada juga area promosi, misal kelurahan mana mempunyai prodak UMKM yang harus dipromosikan. Ada juga satu spot senam, musik-musik sebagai apresiasi kepada warga,” papar Septy Diana.

Ada pula Taman Lalulintas untuk mengedukasi anak-anak berlalu lintas dan taat. Sementara it, area mini zoo juga disediakan agar anak-anak bisa berinteraksi denagn hewan.

Taman Tanah Sareal juga memiliki spot bangunan yang menunjukan alat-alat musik tradisional seperti gamelan, suling, dan kecapi. Spot lainnya, yakni Taman Budaya Sunda, yang memiliki alat-alat tradisional Sunda.

Baca Juga: Warga RW 09 Taman Yasmin Kompak Rayakan HUT ke 78 RI

“Ada juga spot untuk berkemah, disitu disiapkan 9.000 meter, bisa kemah keluarga, sekolah, atau untuk komunitas kita siapkan,” ucap dia.

Grand opening Taman Tanah Sareal bakal ditargekan pada Oktober atau November mendtang. bagi arga yang ingin masuk Taman Tanah Sareal, bakal dikenai tarif retribusi kebersihan Rp10 ribu.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto