radar bogor

Kemarau, 680 Warga Kampung Munjul Kayumanis Terdampak Kekeringan

Kampung Munjul
Penyaluran air bersih kepada warga Kampung Munjul, Kayumanis yang terdampak kekeringan.

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor menyalurkan air bersih ke Kampung Munjul, RW 06, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor pada Jumat, (25/8/2023).

Baca Juga : Tirta Pakuan Siapkan TAHU dan Potongan PB Antisipasi Kekeringan

Adapun, penyaluran air bersih dilakukan lantaran sebanyak 680 warga dari 210 KK yang berada di dua RT di Kampung Munjul Kayumanis Bogor terdampak kekeringan.

“Penyaluran air bersih sudah kami lakukan sejak pukul 09:25 WIB,” kata Kepala BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas, malam hari.

Menurut pria yang akrab disapa Theo, kekeringan terjadi akibat cuaca saat ini memasuki musim kemarau, sehingga sumur mulai mengering dan warga mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

“Kejadian ini menyebabkan sumur yang digunakan oleh warga sekitar sebagai sumber air sehari-hari warga menjadi kering, sehingga warga sekitar mulai kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya,” ucap dia.

Dilanjutkan Theo, adapun rincian dari 680 warga Kampung Munjul terdampak kekeringan. Di antaranya di RT 04/06 ada sebanyak 120 KK dengan total 395 jiwa. Lalu, di RT 005/006 ada sebanyak 90 KK dengan 285 Jiwa.

Baca Juga : Sumber Mata Air Turun 50 Persen, Tirta Pakuan Imbau Masyarakat Tampung Air

“Assessment dan pendistribusian air bersih sebanyak 5.000 liter (1 ritase) kepada warga terdampak sudah selesai dilakukan oleh personil TRC-PB BPBD Kota Bogor dilokasi kejadian,” papar dia.

Kemudian, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan setempat.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep