radar bogor

Kembangkan Kualitas Fasilitator PMR, PMI Kota Bogor Latih 21 Relawan dan Guru

PMI Kota Bogor menggelar Pendidikan dan Pelatihan Fasilitator Pembinaan PMR, 20-25 Agustus 2023. (Radar Bogor/Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor menggelar Pendidikan dan Pelatihan Fasilitator Pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung akan selama 6 hari pada tanggal 20-25 Agustus 2023.

Acara tersebut diikuti sebanyak 21 fasilitator yang merupakan perwakilan relawan dan guru sekolah dari berbagai tingkat, yakni SD, SMP, dan SMA yang tersebar di Kota Bogor.

Baca Juga: Hotel Salak The Heritage Sumbang Darah Untuk PMI di HUT RI ke-78

Ketua PMI Kota Bogor, H. Edgar Suratman menjelaskan, pelatihan bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kualitas individu fasilitator PMR sehingga memiliki kualitas kepemimpinan, kesehatan fisik dan mental yang prima, serta budi pekerti yang baik.

Edgar menilai kegiatan ini penting dilakukan karena fasilitator harus individu yang memiliki orientasi positif, berakhlak mulia, dan sisi kemanusiaan tinggi saat berkontribusi kepada masyarakat.

“Perlu komitmen dan fokus dalam mengikuti kegiatan ini. Diskusi dan pelatihan yang dijalani oleh para peserta diharapkan mampu menghasilkan solusi nyata yang dapat diimplementasikan dalam berbagai situasi kehidupan,” ujarnya.

Dirinya yakin bahwa kehidupan memiliki dimensi yang lebih dalam dari sekadar hal-hal duniawi. Oleh karena itu, pembinaan PMR baginya memiliki peran sentral dalam membentuk individu yang mampu memberikan dampak positif dalam skala yang lebih besar.

Ia berharap, pelatihan itu dapat membawa dampak positif bagi masyarakat serta membentuk fasilitator yang memiliki moralitas yang tinggi dan kualitas diri yang unggul.

Baca Juga: Rekayasa Lalu Lintas Baru di Jalan Jalak Harupat, Begini Skemanya

Sebab menurutnya, keberhasilan dari kegiatan ini akan terus memancar dalam kontribusi para peserta di lingkungan masyarakat, menjadikan mereka agen perubahan yang berdaya dan penuh integritas dalam pembinaan PMR di Kota Bogor.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto