radar bogor

30 Anggota Paskibraka Kota Bogor Akhirnya Dikukuhkan

30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) Kota Bogor dikukuhkan di Balai Kota Bogor pada Rabu (16/8). Pengukuhan dipimpin langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Ketua Panitia Hari Besar Nasional Kota Bogor, Syarifah Sofiah menuturkan, 30 anggota Paskibra tersebut terdiri dari 15 putra dan 15 putri yang berasal dari sekolah di Kota Bogor. Salah satu peserta mewakili Kota Bogor menjadi Anggota Paskibraka Provinsi Jawa Barat.

Dirinya menyebut, seluruh anggota sudah melalui proses seleksi yang panjang sejak beberapa bulan lalu. “Awalnya ada 60 orang, kemudian diseleksi berdasarkan tinggi badan, pengetahuan, kesamaptaan, ideologi Pancasila, baris berbaris, dan lainnya. Sebelum bertugas, mereka akan akan dikarantina,” terang wanita yang juga Ketua Rekrutmen Anggota Paskibraka itu.

Baca Juga: PPK Ormawa DPM FEM IPB Inovasikan Olahan Bunga Telang dengan PKK Desa Benteng

Dirinya berharap, upacara pengibaran duplikat bendera pusaka dapat berjalan lancar sehingga menjadi momen sejarah yang tidak terlupakan bagi para anggota Paskibraka.

“Setiap tahun ada rasa bangga dan haru (saat menyaksikan pengukuhan). Terlebih momen imi dihadiri para orang tua masing-masing anggota yang ikut memasangkan sabuk dan pin merah putih. Ini menjadi kebanggaan bagi orang tua,” ucapnya.

Salah satu Instruktur Anggota Paskibraka, Sandy Akbar menerangkan, Paskibraka Kota Bogor terdiri dari Pasukan 17 dan Pasukan 8 yang memiliki tugas berbeda. Pasukan 17 bertugas berbaris dan membuka formasi, sedangkan Pasukan 8 merupakan bagian inti ada pengibar dan pembawa baki.

Dirinya mengatakan proses seleksi sudah berjalan sejak Bulan Maret 2023 lalu. Kemudian dilanjutkan dengan pembinaan jasmani sejak Bulan Juni hingga Agustus 2023.

Baca Juga: Soroti Dampak Polusi, Bima Arya Minta Solusi dari Pakar IPB hingga Aktivis Lingkungan

“Para peserta rata-rata berusia 16 tahun dan merupakan siswa kelas 11 sekolah negeri dan swasta di Kota Bogor. Mereka sudah mulai berlatih bersama pada tanggal 3 Juni 2023. Kalau mulai berlatih bersama instansi lain sejak awal Agustus 2023,” jelas Sandy.

Sebelum bertugas para anggota Paskibraka akan dikarantina mulai hari ini hingga tanggal 18 Agustus 2023 di Hotel Salak The Herritage. Hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan para anggota. (*)

Editor: Yosep/Nurul-Magang