25 radar bogor

Gelar Demo Akbar, Ribuan Buruh Kepung Gedung ILO Thamrin

Demo Buruh

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ribuan massa buruh yang tergabung dalam Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) menggelar demo akbar di Jakarta pada Kamis (10/8/2023).

Baca Juga : Ada Demo Buruh Hari Ini, Berikut 6 Titik Pengalihan Lalu Lintas di Jakarta

Para buruh peserta aksi datang dari sejumlah provinsi di Indonesia. Beberapa di antaranya Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Ribuan buruh peserta aksi secara bertahap memadati kawasan Gedung International Labour Organization (ILO) di jalan MH Thamrin sejak pukul 12.00 WIB.

Aksi unjuk rasa ini diawali dengan long march dari Patung Kuda. Dengan berbekal spanduk, bendera, hingga kostum buatan, mereka menyuarakan kekesalannya pada UU Omnibuslaw Cipta Kerja. Ramainya peserta aksi bahkan membuat Jalan MH Thamrin ditutup.

Sebelumnya, Koordinator AASB, Moh Jumhur Hidayat mengatakan, buruh dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul menuntut Presiden Jokowi agar mencabut UU Cipta Kerja hingga UU Kesehatan.

Baca Juga : 400 Buruh Kota Bogor Bakal Ramaikan Demonstrasi Akbar di Jakarta

“Aksi akbar buruh ini dimaksudkan untuk mendesak Presiden RI agar melakukan, mencabut UU Cipta Kerja, mencabut UU Kesehatan, mencabut UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), keempat wujudkan Jaminan Sosial Semesta,” terangnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep