radar bogor

KKN di SDN Sukahati 03, Mahasiswa Unida Terapkan Pembelajaran Happy Learning

SDN Sukahati 03
Mahsiswa KKN Unida menerapkan model pembelajaran happy learning di SDN Sukahati 03 pada Selasa (8/8/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik, dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda Bogor (Unida) menerapkan model pembelajaran happy learning di SDN Sukahati 03 pada Selasa (8/8/2023).

Baca Juga : Mahasiswa KKN Unida Lakukan Pendampingan Simulasi ANBK di SDN Sukahati 03

Model pembelajaran happy learning diterapkan di kelas 6 SDN Sukahati 03 dengan mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Nadila, selaku Mahasiswi KKN Fisipkom Unida menuturkan bahwa, model pembelajaran happy learning menggunakan fun games teka-teki silang matematika dengan cara belajar yang berbeda.

“Selain menggunakan fun games teka-teki silang pada pelajaran matematika, materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan pemutaran video singkat dan pemaparan gambar untuk melatih pengetahuan siswa-siswi terkait bahan ajar,” ujarnya.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan konsep yang dikemas secara menarik tepat digunakan untuk siswa-siswi karena akan menambah semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta mengoptimalkan partisipasi peserta didik dalam KBM berlangsung.

Mendengar model pembelajaran tersebut, Ferri Nita Kumalasari selaku wali kelas 6 SDN Sukahati 03 menyampaikan bahwa model pembelajaran happy learning sangat efektif diterapkan sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton.

“Model ini dapat menarik perhatian peserta didik yang dimana kegiatan pembelajaran menjadi berpusat pada siswa karena siswa ikut aktif dalam KBM dan menemukan konsep materi sendiri sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan pun akan tercapai”, tuturnya.

Baca Juga : Atasi Masalah Lingkungan, Mahasiswa KKN FISIPKOM Unida Usung Program GOBER

Dengan adanya model pembelajaran happy learning tersebut diharapkan guru mampu berinovatif untuk menyusun pembelajaran yang sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian peserta didik serta dapat mengembangkan kreatifitas peserta didik. (*)

Editor : Yosep