radar bogor

Rumah Budaya HMA di Puncak Didatangi Plt Bupati dan Nurhayanti, Ini yang Dilakukan

Rumah Budaya HMA

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Rumah Budaya HMA di Desa Kuta Megamendung – Puncak, Bogor mendapat kunjungan Plt Bupati Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan. Dalam kesempatan itu hadir pula Bupati periode sebelumnya yakni Nurhayanti.

Baca Juga : Sukseskan Bogor Fest 2023, Plt Bupati Minta Camat Terlibat Aktif

“Alhamdulillah, Bupati Bogor ke 15 dan 17 yaitu Nurhayanti dan Iwan Setiawan mengunjungi Rumah Budaya HMA,” kata pendiri Rumah Budaya HMA, Halimah Munawir kepada Radar Bogor Sabtu (5/8/2023).

Selain itu, Plt Bupati¬† Bogor Iwan Setiawan juga memberikan penghargaan dan mengapresiasi atas inisiasi membangun Rumah Budaya HMA di Kabupaten Bogor. “Sehingga membuat destinasi Wisata Puncak semakin beragam,” paparnya.

Halimah menuturkan, dalam kunjungan tersebut pihaknya membahas berbagai hal tentang seni dan budaya, khususnya di Rumah Budaya HMA.

“Insya Allah kedepan Pemkab Bogor, akan membantu perkembangan Rumah Budaya HMA, bahkan para seniman dan budayawan yang tergabung dalam Rumah Budaya HMA akan diberikan kesempatan berkegiatan dan berkreasi di Rest Area Gunung Mas di Desa Tugu Selatan, Cisarua,” paparnya.

Iapun memaparkan, proses panjang dalam membangun Rumah Budaya HMA ini. Sejak awal Halimah berjalan mandiri dalam memperdayakan anak anak lingkungan sekitar untuk berkesenian dan berkebudayaan secara gratis.

Bahkan untuk gaji para pengajar dirinya mengupayakannya sendiri dengan harapan anak anak dapat melatih kecerdasan visual, linguistik, interpersobal dan naturalistik.

“Sementara ibu-ibunya membatik serta mengolah sampah plastik menjadi benda yang berguna serta memiliki nilai ekonomi,” paparnya.

Baca Juga : Wujudkan Impian Arya Saputra, Plt Bupati Resmikan Rumah Baru Orang Tua Almarhum

Halimah menjelaskan, dalam kesempatan kunjungan ini, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan yang dijuluki Bapak Kopi Bogor juga melakukan penanaman pohon kopi di halaman belakang Rumah Budaya HMA.

“Harapannya, selain kembali menghijaukan Kawasan Puncak dan menjaga ketersediaan air. Dan dengan hasil panen biji kopi akan memberi dampak ekonomi kreatif pada masyarakat sekitar.” jelas wanita selain penggiat seni budaya juga sebagai novelis itu. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep