25 radar bogor

Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, UI Masih Nomor Satu

universitas indonesia

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas menjadi tempat pembelajaran paling tinggi dalam tingkat pendidikan. Banyak perguruan tinggi Indonesia yang berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitasnya agar masuk dalam daftar universitas terbaik nasional bahkan internasional.

Dilansir dari Webometrics pada Jumat (4/8), terdapat lima urutan teratas universitas terbaik di Indonesia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jajanan Enak di Sekitar Kampus Unpak Bogor

Salah satunya Universitas Indonesia (UI) yang masih berada dalam urutan pertama dari sekian banyak universitas lain dari penjuru Indonesia.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) menjadi universitas favorit dan populer nomor satu di Indonesia selama bertahun-tahun. Kampus yang terletak di bagian utara dari Depok dan Jaksel tersebut menorehkan banyak prestasi, diantaranya adalah menjadi pemenang dalam Indonesia ICT Awards untuk Smart Campus dengan Best Content and Application.

UI juga masuk dalam peringkat QS World University Ranking dengan posisi ke 290 (#2) pada 2022. Pada tahun yang sama, UI juga masuk THE World university Ranking dengan urutan ke 801-1000 (#1).

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di urutan kedua dari universitas terbaik Indonesia versi webometrics setelah UI. Kampus yang berdiri sejak 19 Desember 1949 ini berada di Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta. UGM juga memiliki program internasional dari 18 fakultas nya.

UGM menjalin kerja sama dalam mitra dan afiliasi internasional. Mereka bekerja sama dalam hal penelitian, pendidikan, dan pengabdian masyarakat dalam beberapa Organisasi Internasional seperti USAID, ADB, World Bank, dan yang lainnya.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi urutan ketiga universitas terbaik Indonesia setelah menyalip Universitas Brawijaya, Malang. Kampus yang berada di Bandung tersebut, resmi berdiri pada 2 Maret 1959 dan menjadi PTN Badan Hukum pada 14 Oktober 2013 yang memiliki otonomi pengelolaan dalam akademik dan non-akademik.

ITB menjadi sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia dan lembaga pendidikan tinggi pertama di Hindia Belanda. Salah satu alumni ITB yang populer sampai sekarang adalah mendiang BJ Habibie, Presiden RI ketiga, beliau menjadi salah satu profesor di ITB sebagai ahli teknik penerbangan.

4. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) menjadi perguruan tinggi negeri terbaik keempat. UB berdiri sejak 1963 di kota Malang, Jawa Timur. Nama Brawijaya diberikan khusus oleh Presiden Soekarno dengan harapan dapat gemilang seperti Raden Wijaya (Brawijaya 1), pendiri kerajaan Majapahit dan menjadi kampus kebanggaan Indonesia.

UB memiliki empat kampus yang terletak di sebelah barat kota Malang, Puncak Dieng, kota Kediri, dan Jakarta.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair) menjadi urutan lima teratas dari Unversitas terbaik Indonesia. Unair didirikan pada 10 November 1954. Selain menjadi top lima Webometrics, Unair juga menjadi top empat universitas terbaik Indonesia dari QS World University.

Selain itu, Unair menjadi peringkat kedua Webometrics dari Universitas terbaik Indonesia indikator Excellent yang sebelumnya berada di posisi kelima.(*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto