25 radar bogor

Proyek Otista Masih Fokus Selesaikan Fondasi, Balok Girder Datang Awal September

Jembatan Otista
Suasana lokasi proyek Jembatan Otista. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pergantian Jembatan Otista yang menjadi salah satu proyek utama Pemkot Bogor terus dikebut. Memasuki Agustus 2023, proyek ini sudah berjalan 25,33 persen.

Baca Juga : Proyek Otista Terkesan Berjalan Lama, Ini Kata Kadis PUPR

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina menyebut proyek Otista ini masih berjalan lebih cepat dari yang ditargetkan. Deviasinya masih positif sebesar 3 persen. Lebih banyak dari bulan lalu yang kurang dari 1 persen.

Ia menjelaskan, para pekerja sudah menyelesaikan fondasi jembatan trem yang juga akan hadir di sisi jembatan utama. Begitu juga dengan fondasi jembatan utilitas yang sudah rampung lebih dulu.

“Sekarang jembatan utilitas untuk sambungan bajanya sudah dilaksanakan. Tinggal fondasi jembatan utama untuk ngebornya,” ujar Rena saat ditemui Radar Bogor di Kantor Dinas Pendidikan, Senin (31/7/2023).

Ada sebanyak 64 titik bor yang mesti dikerjakan, masing-masing 32 titik di sisi kanan dan kiri. Dirinya menargetkan pekerjaan itu rampung di akhir Agustus atau awal September 2023.

Rena juga mengungkapkan, balok girder yang akan menghubungkan jembatan akan tiba dan mulai dipasang awal September mendatang. Saat ini selain pembangunan, ia juga akan mulai berfokus pada estetika jembatan.

Baca Juga : Masuk Minggu ke-14, Proyek Jembatan Otista Berjalan 24,4 Persen

“Saat kunjungan kemarin, ada masukan dari Pak Gunernur Ridwan Kamil soal estetika. Dia meminta agar lampunya jangan polos. Dia memberi contoh yang di Bandung ada kujangnya jadi estetik. Dan ke depan tidak akan ada lagi tulisan Otista,” ucap Rena.

Meski ditargetkan selesai pada Desember 2023, Rena optimis proyek pergantian Jembatan Otista selesai lebih cepat yakni November. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep