25 radar bogor

Kekurangan Ruang Kelas, Disdik Renovasi Dua SD di Cimahpar

Salah satu SD yang akan direnovasi di Kelurahan Cimahpar, Bogor Utara.(Radar Bogor/Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Pendidikan Kota Bogor merenovasi 2 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di Kelurahan Cimahpar, Bogor Utara. Kedua sekolah tersebut yakni SDN 1 Cimahpar dan SDN 2 Cimahpar.

Kabid Sarana dan Prasarana Disdik Kota Bogor, Sultodi Mahbub menjelaskan proyek tersebut bertujuam untuk menyelesaikan permasalahan kurangnya ruang kelas yang dialami kedua sekolah tersebut.

Ia menyebut, dengan renovasi kedua sekolah akan memiliki ruang kelas dua kali lebih banyak dibanding kondisi sebelumnya. Renovasi juga dilakukan pihaknya untuk memperbaiki infrastruktur di sekolah itu.

“Sekolah itu muridnya banyak namun bangunan kelasnya sedikit hanya 4-5 kelas saja. Sementara rombongan belajarnya ada 12. Melihat kondisi kurangnya ruang kelas dan kerusakan maka kami tingkatkan struktur bangunannya,” jelas dia saat ditemui Radar Bogor, Senin (31/7).

Dirinya menerangkan kedua sekolah ini akan memiliki 3 lantai. Namun proyek itu akan dilaksanakan secara bertahap. Di tahun ini mereka menargetkan hanya 2 lantai terlebih dahulu.

Sultodi mengungkapkan anggaran yang digunakan dalam revitalisasi SDN Cimahpar 1 sebesar Rp2,8 miliar sementara SDN Cimahpar 2 sebesar Rp1 miliar. Proyek yang sudah berjalan sejak awal Juli 2023 lalu ini ditargetkan rampung pada akhir November mendatang.

“Upaya ini juga yang akan kami lakukan di wilayah lain. Karena kalau membuat sekolah perlu lahan dan anggaran oleh karena itu kami lebih mengarah pada rehab dengan melalui tingkatkan. Diharapkan ini bisa lebih banyak menyerap kebutuhan sekolah,” harap dia.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto