25 radar bogor

Respons Keluhan Warga Jalan Roda V, Bima Bakal Aktifkan Lagi Punggawa Surken

Punggawa Surken
Plat besi penutup drainase di Jalan Roda V yang hilang kembali memunculkan keresahan warga sekitar. Pemkot Bogor pun mengaktifkan kembali Punggawa Surken. REKA/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Hilangnya sejumlah plat besi penutup drainase di Jalan Roda V kembali memunculkan keresahan warga sekitar. Tak hanya soal keamanan, warga pun turut menyoroti kebersihan dan kenyamanan lorong-lorong yang ada di sepanjang Kawasan Suryakencana tersebut.

Baca Juga : Jalan Roda V Masih Jadi Tempat Kencing Sembarangan dan Lintasan Tawuran

Merespons kondisi ini, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengakui pengawasan ekstra memang dibutuhkan pada gang-gang yang ada di Kawasan Suryakencana termasuk Jalan Roda V, melalui CCTV dan pengawasan warga setempat.

“Saya sedang minta cek apakah ada CCTV. Camat sedang cek itu. Memang ini harus dihidupkan selain CCTV pengawasan dari warga,” tuturnya saat ditemui Radar Bogor di RSAU dr M Hassan Toto, Rabu (26/7/2023).

Bima menilai kejadian hilangnya plat besi penutup drainase Jalan Roda V menjadi momentum penting diaktifkannya kembaki Punggawa Suryakencana yang bertugas menjaga dan merawat kawasan pecinan itu.

“Kita akan aktifasi segera. Sebetulnya sudah siap konsepnya. Kalau CCTV saja masih bisa diakali, harus warga yang menjaganya sendiri,” ucap Bima.

Tak hanya soal keamanan, Bima juga akan menangani masalah kebersihan di kawasan itu sebab menurutnya masih banyak fenomena buang air sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya, Salah seorang warga setempat, Yanti mengeluhkan bau tidak sedap sering tercium di sepanjang Jalan Roca V yang berada di depan rumahnya itu. Bahkan menurutnya, para pelaku buang air sembarangan bahkan sudah tidak malu lagi melakukan perbuatan buruk tersebut.

Dirinya juga mengeluhkan hilangnya besi penutup saluran yang kian lama semakin bertambah. Ia menduga besi-besi tersebut dicuri saat malam hari ketika warga tertidur.

“Mungkin sekira jam 2-3 saat warga tidur. Tidak ada suara sama sekali. Semakin lama besi yang hilang semakin banyak, bukan cuma yang di atas tapi yang di bawah juga sekarang mulai hilang,” tuturnya saat ditemui Radar Bogor, Selasa (25/7/2023).

Kondisi ini membuatnya khawatir dengan keselamatan warga atau pengendara yang melintas, terlebih anak cucunya yang masih kecil.

Tak berhenti di situ, lampu-lampu penerangan jalan dan tiang yang ada di sepanjang Jalan Roda V hilang dan juga hancur lantaran dirusak. Yanti bahkan harus membeli lampu sendiri untuk mengganti penerangan jalan yang hilang.

Baca Juga : Plat Besi Jalan Roda V Hilang Dicuri, Kadis PUPR: Kami Ganti yang Lebih Kuat!

Selain itu ia mengungkapkan Jalan Roda V acap menjadi lintasan tawuran. Beberapa kali tidurnya terusik lantaran suara ribut yang timbul akibat tawuran yang terjadi.

“Saya beberapa kali juga diintrogasi polisi karena kawasan ini diduga sering menjadi tempat transaksi narkoba dengan modus tempel,” terangnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep