25 radar bogor

Program TJSL PLN Dukung Pengembangan Agro Eduwisata Mulyaharja

BOGOR-RADAR BOGOR, PT PLN (Persero) melalui UPT Bogor melakukan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) berupa pengembangan Desa Agro Eduwisata berbasis masyarakat dan kearifan lokal di Kelurahan Mulyaharja, Kota Bogor, Senin (24/7).

Program tersebut membantu memperkuat perekonomian desa dari sisi pariwisata dan pendampingan UMKM, menuju desa yang berdaya dan sejahtera.

Baca Juga: Lewat Co-Firing, 40 PLTU PLN Grup Mampu Turunkan Emisi Hingga 429 Ribu Ton CO2

Geliat perubahan di Desa Agro Eduwisata Mulyaharja terlihat dengan adanya beberapa penambahan fasilitas pendukung. Diantaranya, saung toilet umum, area food court, dan spot foto.

Selain berbagai fasilitas penunjang, Desa Agro Eduwisata memiliki kegiatan gelaran rutin yang dikenal dengan Mulyaharja Fest 2023 yang dilaksanakan di Kampung Tematik, Agro Eduwisata Organik (AEWO).

Tahun ini, AEWO hadir dengan mengusung tema COLODPLAY yang diartika sebagai Colod (Kolot dari bahasa Sunda) artinya orang tua, kuno, tidak modern. Sedangkan Play (dari bahasa Inggris) diartikan bermain, permainan, lakon. Sehingga Colodplay dapat dimaknakan permainan atau lakon orang tua zaman dulu. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari pada Sabtu-Minggu, tanggal 8-9 Juli.  

Manager UPT Bogor, Made Gita Mardika mengungkapkan kebanggaannya terhadap program TJSL Pengembangan Desa Agro Eduwisata ini. Program yang diinisiasi PLN UIT JBT, PLN UPT Bogor, serta pengelola Desa Agro Eduwisata Mulyaharja ini bisa menjadi salahsatu icon wisata di Kota Bogor dan menjadi salahsatu tujuan wisata unggulan di Jawa Barat.

“Hari ini kami melaksanakan launching Program TJSL untuk pengembangan Agro Eduwisata Organik Mulyaharja. Program pemberdayaan masyarakat melalui TJSL pengembangan Argo Eduwisata Organik ini diharapkan meningkatkan kualitas SDM yang terampil dan mandiri di bidang agroteknologi dan agribisnis dengan melihat potensi wisata dan peranan dari pertanian,” ucap Made.

Sejalan dengan hal tersebut, General Manager PLN UIT JBT, Tejo Wihardiyono pun menyambut dengan antusias program TJSL pengembangan Desa Eduwisata Mulyaharja. Pasalnya, melalui program TJSL ini PLN mampu membuktikan komitmen untuk mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SGDs) 2030.

“Kami akan mendukung program TJSL pengembangan Agro Eduwisata Organik Mulyaharja ini agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekaligus menjadi katalis dalam peningkatan minat wisatawan agar menjadikan Agro Eduwisata Mulyaharja ini sebagai tujuan utama bagi yang ingin mendapatkan pengalaman wisata yang berbeda. Di samping itu, tentunya kami ingin agar PLN mampu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SGDs) 2030,” ujar Tejo.

Pengembangan Argo Eduwisata Mulyaharja merupakan salah satu Pembangunan Program Desa Berdaya PLN yang mana PLN UIT JBT berkolaborasi dengan Filantra dalam mengembangkan potensi Desa Agroeduwisata Organik Mulyaharja untuk mengurangi angka kemiskinan dan kelaparan di Indonesia. Caranya, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa melalui program pengembangan dan penguatan potensi lokal yang sudah berjalan dalam program-program yang terintegrasi dengan RJPMDes. 

Baca Juga: Upaya PLN Tingkatkan Pelayanan Kelistrikan Dapat Dukungan Korem 061/Suryakancana

Bantuan dari PLN tersebut direalisasikan dalam bentuk pengadaan infrastruktur, yaitu berupa perbaikan bale, pembuatan lorong PLN, spot foto, peta lokasi, dekorasi pintu masuk objek wisata, hingga pembelian alat streamer gardu kopi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada PT PLN yang telah membantu memberikan program agroeduwisata, saya berharap adanya dukungan dari PT PLN ini mampu menjadi faktor kemajuan di Mulyaharja, sehingga perekonomian masyarakat khususnya terus mengalami peningkatan.” Abdul Rahman, selaku Camat Bogor Selatan.(*/adv)

Editor: Imam Rahmanto