25 radar bogor

Jembatan Leuwiranji Membahayakan, Bantalan Besi Utama Patah

Kondiis Jembatan Leuwiranji yang menghubungkan Kecamatan Rumpin dan Gunung Sindur.

RUMPIN – RADAR BOGOR, Jembatan Leuwiranji penghubung Kecamatan Rumpin dan Gunung Sindur, saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan. Hingga kini belum ada perbaikan dari dinas terkait.

Baca Juga : Selama Tiga Bulan, Sudah 13 Warga Rumpin Terserang DBD

“Jembatan Leuwiranji ini akses penting yang menghubungkan dua kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor,” kata Ketua Aliansi Gerakan Jalur Tambang Junaedi Adhi Putera kepada wartawan Senin (24/7/2023).

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan warga, kondisi bantalan besi utama jembatan patah dan sudah berkarat, karena setiap harinya dilewati truk tambang bermuatan melebihi tonase.

“Ketika dilewati oleh truk dan kendaraan roda empat jembatan bergoyang dan bersuara, tentu sangat berbahaya bagi kendaraan lain yang melintas,” ucapnya.

Pihaknya mendesak Pemkab dan dinas terkait bertanggung jawab atas kerusakan Jembatan Leuwiranji, karena telah lalai dan memberikan regulasi izin kepada truk tambang yang melebihi kapasitas.

“Tutup total Jembatan Leuwiranji dari aktivitas truk tambang yang melebihi kapasitas muatan (overload), dan segera melakukan perbaikan secara menyeluruh,” kata Junaedi.

Baca Juga : Jalani Pengobatan Alternatif, Tiga Warga Rumpin Tenggelam di Danau

Selain itu ia juga meminta agar memberikan jaminan keselamatan jiwa bagi penguna jalan atas aktivitas truk tambang.

“Kami harap Pemkab dan dinas terkait segera ada tindakan cepat, karena kerusakan jalan dan jembatan harus ada solusi salah satunya dengan perbaikan total,” katanya. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep