25 radar bogor

Sejak Dikenakan Tarif, Penumpang Biskita Trans Pakuan Berangsur Naik

biskita transpakuan kurangi polusi udara
Para penumpang menunggu angkutan umum BisKita Transpakuan di Terminal Bubulak, belum lama ini. Warga diimbau menggunakan Biskita sebagai upaya mengurangi polusi udara. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Transportasi massal Biskita Trans Pakuan Kota Bogor terhitung genap dua bulan ditetapkan tarif berbayar sejak 20 Mei 2023.

Baca Juga : Tahun Ini, Perumda Trans Pakuan Target Tambah 26 Unit BisKita

Meski sempat mengalami penurunan jumlah penumpang, memasuki bulan kedua ini penumpang Biskita Trans Pakuan kembali meningkat.

Hal itu diungkapkan Direktur Perumda Trans Pakuan, Rachma Nissa Fadliya.

Dirinya memaparkan saat ini jumlah penumpang Biskita Trans Pakuan meningkat menjadi 60 persen dibandingkan saat belum ditetapkan tarif. Di mana setelah ditetapkan tarif pada Mei lalu, jumlah penumpang menurun sebesar 50 persen.

Saat ini, rata-rata harian jumlah penumpang berada di angka 10.000 penumpang per hari. Sebanyak 10.000 penumpang itu tersebar di empat koridor, yakni Koridor 1, 2, 5 dan 6.

“Penumpang 10.000-an per hari. Itu untuk empat koridor. Dan ini sudah captive market sih, jadi memang sudah harian, stabil seperti itu,” kata Nissa, Senin (24/7/2023).

Lebih lanjut, Nissa mengatakan, berdasarkan hasil prediksi Perumda Trans Pakuan, penumpang yang tak lagi menggunakan Biskita Trans Pakuan merupakan masyarakat yang hanya ingin mencoba transportasi massal ini. Sebab, sejak diluncurkan pada November 2021, Biskita Trans Pakuan beroperasi secara gratis.

Nissa menjelaskan, saat ini penumpang Biskita Trans Pakuan didominasi oleh pekerja dan pelajar.

Kendati demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor saat ini tengah mengajukan permohonan terkait harga khusus Biskita Trans Pakuan untuk pelajar, kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Memang harapannya dengan nanti ada tarif pelajar juga lebih meningkat lagi pelajar yang mau naik Biskita Trans Pakuan,” kata Nissa.

BPTJ Kemenhub telah menetapkan tarif pada layanan transportasi massal Biskita Transpakuan di Kota Bogor sebesar Rp 4 ribu per penumpang.

Sejak ditetapkan tarif pada 20 Mei 2023, Perumda Transpakuan mencatat ada penurunan jumlah penumpang hingga 50 persen. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep