25 radar bogor

Gencar Revitalisasi Pasar, Perumda PPJ Diminta Perhatikan 3 Aspek Penting

Revitalisasi pasar jambu oleh Perumda PPJ
Alat berat mulai membongkar lapak-lapak pedagang lama di Pasar Jambu Dua, Kota Bogor Selasa (16/5/2023). Pembongkaran itu merupakan bagian dari program revitalisasi pasar oleh Perumda PPJ. (Radar Bogor/Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Proyek revitalisasi sejumlah pasar tengah gencarkan dilakukan Perumda PPJ di tahun 2023 ini. Pasar-pasar yang tengah dipugar antara lain Pasar Jambu Dua, Pasar Sukasari, Pasar Tanah Baru, Pasar Pamoyanan, dan Pasar Merdeka.

Baca Juga : HUT ke-14 Perumda PPJ, Dirut Beberkan Capaian Dalam 4 Tahun Terakhir

Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakkir menjelaskan proyek tersebut merupakan janjinya saat dilantik sekira 4 tahun lalu. Revitalisasi bertujuan membangun kembali pasar-pasar yang ada di Kota Bogor.

“Ini kami lakukan karena pasar di Kota Bogot unumnya peninggalan dan umurnya sudah sekira 30 tahunan. Upaya itu sudah berusaha dikerjakan sejak 2020, namun baru terrealisasi tahun ini karena ada masalah lain yang mesti diselesaikan sebelumnya,” ujarnya pada Senin (17/7/2023).

Tokoh Bogor, Hazairin Sitepu menekankan pasar rakyat merupakan tempat berkumpulnya banyak orang yakni penjual dan pembeli. Oleh karena itu, menurutnya dalam proses revitalisasi Perumda PPJ perlu memperhatikan 3 hal penting.

Sebab baginya, problematika pembangunan Kota Bogor 25 persennya adalah soal pasar. Sehingga apabila Pemerintah Kota berhasil menangani masalah itu maka 25 persen persoalan pembangunan juga turut selesai.

“Pertama ialah aspek kenyamanan. Karena menjadi tempat bertemunya banyak orang, kenyamanan pasar sangatlah dibutuhkan,” tuturnya.

Kedua yakni keamanan, bukan saja dalam proses transaksi namun juga meliputi lingkungan pasar. Perumda PPJ diminta memperhatikan keamanan para pengunjung hingga kendaraan yang digunakan. Terakhir ialah strategi membuat pasar menjadi asik bagi masyarakat.

Baca Juga: Direvitalisasi, Pasar Sukasari Diklaim Bakal Lebih Representatif

Hazairin berpendapat, revitalisasi menjadi momen Perumda PPJ berbenah pasar. Oleh karena itu, perlu memperhatikan 3 aspek penting tadi, agar nasib pasar tersebut tidak sama dengan pasar sebelumnya.

Meski begitu, Hazairin mengapresiasi langkah dan capaian jajaran direksi dan dewan pengawas Perumda PPJ yang telah berhasil merealisasikan revitalisasi pasar yang begitu banyak. Ia berharap Perumda PPJ bisa terus berjaya dan menuntaskan tugasnya dengan baik. (fat)

Reporter : Reka Faurachman
Editor : Yosep