25 radar bogor

Jangan Anggap Remeh, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat Alias Marshaller

Gaji tukang parkir pesawat
Gaji tukang parkir pesawat

BOGOR-RADAR BOGOR, Tukang parkir pesawat atau biasa disebut sebagai marshaller tidak sama seperti tukang parkir pada umumnya. Pasalnya profesi ini memerlukan keahlian khusus untuk mengatur lalu lintas pesawat yang ada di bandara.

Marshaller bisa dikatakan salah satu pekerjaan yang kurang populer dibandingkan dengan pekerjaan lainnya seperti pilot dan pramugari. Padahal, profesi ini cukup penting di dunia penerbangan dan bandara.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto, Selasa (11/7), tukang parkir pesawat atau marshaller akan dilatih untuk mengarahkan pesawat dengan cara visual pada saat di darat seperti masuk landasan, keluar dari titik pendaratan, hingga masuk tempat parkir (apron).

Dalam menjalankan tugasnya, juru parkir itu akan berkomunikasi dengan pihak bandara dan pilot. Hal ini dilakukan agar pesawat bisa diarahkan berada pada posisi yang tepat. Oleh karena itu, peran marshaller sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Tugas dan tanggung jawab seorang marshaller memang tidak banyak, namun memerlukan konsentrasi. Tugas utamanya adalah mengarahkan pesawat dengan tepat pada tempat parkir yang telah ditentukan.

Dia memandu pilot dengan gerakan tubuh dibantu dengan alat lighting atau sejenisnya. Setiap kode gerakan tubuh yang diberikan memiliki arti tersendiri, sehingga pilot dapat mengerti dan menghentikan pesawat pada tempat parkir dengan sempurna.

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin menjadi marshaller pesawat. Salah satu syarat pentingnya adalah harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan resmi sebagai aircraft marshaller.

Agar dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut tentunya harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu yaitu usia minimal 18 tahun, minimal lulusan SMA/sederajat, tinggi pria minimal 165 cm, dan perempuan minimal 160 cm, tidak buta warna, serta memiliki tinggi dan berat badan ideal.

Berikut tahapan menjadi juru parkir pesawat profesional

  1. Memenuhi persyaratan awal untuk dapat mendaftar pendidikan dan pelatihan.
  2. Pilih sekolah marshaller yang ingin dituju.
  3. Persiapkan berbagai persyaratan berkas yang telah diinformasikan.
  4. Ikuti semua prosedur pendaftaran yang telah ditentukan oleh pihak penyedia pendidikan.
  5. Siapkan diri sebaik mungkin dan lakukan persiapan secara matang.
  6. Mengikuti semua rangkaian Pendidikan dan pelatihan dengan baik.
  7. Memilih maskapai sebagai perusahaan tempat kerja sebagai marshaller.

Meskipun pekerjaan, tugas, dan tanggung jawabnya tidak begitu besar, gaji pokok yang akan didapatkan kurang lebih sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulannya bila di Indonesia.

Namun, setiap negara di dunia memiliki standar gaji pokok yang berbeda-beda. Misalnya di Amerika, marshaller memiliki gaji yang cukup besar berkisar antara USD 29.000 atau setara Rp 439.687.800 hingga USD 54.500 atau sekitar Rp 826.285.400 per tahun. (*/ran)